Insiden Menegangkan Jet Tempur China Hanya Berjarak 3 Meter dari Pesawat AS

Insiden Menegangkan Jet Tempur China Hanya Berjarak 3 Meter dari Pesawat AS

Fajarasia.id – Militer Amerika Serikat hari ini mengatakan sebuah pesawat jet tempur China sempat terbang hanya berjarak 3 meter dari pesawat Angkatan Udara AS di Laut China Selatan pekan lalu. Insiden itu memaksa pesawat AS mengambil manuver menghindar untuk mencegah tabrakan di wilayah udara internasional.

Kejadian itu melibatkan pesawat jet tempur CHina J-11 dengan pesawat Angkatan Udara AS RC-135. Insiden tersebut terjadi pada 21 Desember lalu, kata pernyataan militer AS, seperti dilansir laman Reuters yang dikutip Redaksi Sabtu(31/12/2022).

“Kami menyerukan semua negara di wilayah Indo-Pasifik untuk menggunakan wilayah udara internasional secara aman dan sesuai hukum internasional,” kata militer AS.

Seorang juru bicara militer AS mengatakan jet tempur China itu hanya berjarak tiga meter dari sayap pesawat AS dan sekitar 6 meter dari hidung pesawat sehingga membuat pesawat AS harus menghindar.

Pihak AS sudah menyampaikan insiden ini kepada pemerintah China, kata pejabat AS yang lain.

Kedutaan China di Washington tidak menanggapi permintaan tanggapan dari Reuters.

China sebelumnya mengatakan tindakan AS yang mengerahkan pesawat dan kapal militer ke Laut China Selatan tidak baik bagi upaya perdamaian.

Pesawat dan kapal AS memang secara rutin menjalankan operasi pemantauan di kawasan yang menjadi sumber sengketa wilayah sejumlah negara.

Hubungan China dan AS selama ini kerap memanas terkait berbagai isu internasional seperti Taiwan dan pelanggaran hak asasi.****

Pos terkait