Hunan China nikmati peluang baru diberlakukannya RCEP di Indonesia

Hunan China nikmati peluang baru diberlakukannya RCEP di Indonesia

Fajarasia.id – Surat Keterangan Asal (SKA) di bawah Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) pertama yang diteken oleh Provinsi Hunan, China tengah, ke Indonesia telah disetujui oleh sistem audit cerdas (intelligent audit) dalam satu menit pada Senin (2/1), menurut bea cukai setempat.

Seiring mulai berlakunya RCEP di Indonesia pada 2 Januari, SKA untuk satu batch sayuran seberat 28 ton senilai 240.000 yuan (1 yuan = Rp2.233) yang diekspor ke Indonesia itu diperiksa dan disetujui oleh bea cukai setempat.

Menurut Bea Cukai Changsha, RCEP memungkinkan pengekspor untuk mengangkut barang secara wajar antara para pihak anggota dan membuat pemisahan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan logistik internasional.

Pengekspor dapat menukar SKA RCEP yang diterbitkan oleh negara pengekspor sebagai bukti keterangan back to back di negara anggota RCEP lainnya dan menikmati manfaat proses izin bea cukai di negara tujuan akhir.

CRRC Zhuzhou Locomotive Co., Ltd, satu perusahan perkeretaapian terkemuka di China yang berlokasi di Zhuzhou, Hunan, terdapat beberapa proyek kereta di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan negara-negara anggota RCEP lainnya, dan saat ini banyak proyek di antaranya telah memasuki tahap pemeliharaan. Seiring dengan pemberlakuan resmi RCEP di Indonesia, tidak hanya terdapat lebih banyak fleksibilitas dalam strategi penjualan dan pengaturan logistik, tetapi waktu dan biaya pengangkutan juga dapat ditekan hingga 30 persen. Bea Cukai Changsha juga akan menyediakan solusi tepat yang bermanfaat bagi perusahaan ekspor dan impor, dan merekomendasikan kebijakan preferensial RCEP guna memastikan bahwa perusahaan dapat menikmati manfaat sebesar-sebesarnya dari RCEP dan kebijakan FTA lainnya.

Setelah RCEP mulai berlaku di Indonesia, sejumlah komoditas khusus dapat memilih untuk menerapkan tarif preferensial secara independen di bawah Perjanjian Perdagangan Bebas (Free Trade Agreement/FTA) China-ASEAN atau RCEP. Disarankan bagi perusahaan-perusahaan agar membandingkan pengurangan tarif dan memilih FTA yang sesuai untuk mengantongi sertifikat tersebut.

Bea Cukai Changsha juga akan menyediakan solusi tepat yang bermanfaat bagi perusahaan ekspor dan impor, dan merekomendasikan kebijakan preferensial RCEP guna memastikan bahwa perusahaan dapat menikmati manfaat sebesar-sebesarnya dari RCEP dan kebijakan FTA lainnya

Data menunjukkan bahwa volume impor dan ekspor Provinsi Hunan ke Indonesia dari Januari hingga November 2022 mencapai 19,17 miliar yuan, naik 69,3 persen secara tahunan (year on year), mewakili 14,4 persen dari total perdagangan provinsi tersebut dengan ASEAN.****

Pos terkait