Sertijab 6 Jabatan Strategis TNI AD, KSAD Dudung: Amanah Ini Harus Dipertanggungjawabkan ke Rakyat!

Sertijab 6 Jabatan Strategis TNI AD, KSAD Dudung: Amanah Ini Harus Dipertanggungjawabkan ke Rakyat!

Fajarasia.id – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono beberapa waktu lalu melakukan mutase terhadap 223 perwira TNI AD, TNI AL, maupun TNI AL. Mutasi ini tertuang dalam keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menegaskan, bahwa kenaikan jabatan para prajurit TNI bukanlah soal status, melainkan amanah yang perlu dipertanggungjawabkan.

Demikian diutarakan Dudung saat menerima penyerahan jabatan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat dari Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, serta memimpin serah terima jabatan (Sertijab) enam Jabatan Strategis di lingkungan TNI Angkatan Darat.

“Saya berpesan bahwa jabatan yang kita emban bukan hanya status semata, melainkan amanah yang harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan kepada rakyat Indonesia, Negara, dan Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Senin (30/1/2023).

Menurutnya, seorang prajurit tidak akan pernah mengakhiri pengabdiannya selama hayat di kandung badan, dan itu bisa diaktualisasikan di luar bidang kemiliteran.

Terlebih, kata mantan Pangdam Jaya ini, gagasan para purnawirawan sudah pasti kaya akan pengalaman dan pengetahuan.

Mantan Pangkostrad itu berpesan kepada para pejabat yang baru melaksanakan serah terima untuk senantiasa bersyukur dan kuat dalam menjalani masalah.

“Syukuri apapun yang Tuhan berikan kepada kita, apapun kesulitannya, apapun masalahnya, anugerah-anugerah Tuhan itu akan selalu ada. Dibalik kesulitan akan ada kebahagiaan. Yang penting kita pandai bersyukur dan jangan lupa berbahagia,”pungkasnya .

Diketahui, enam jabatan yang diserahterimakan terdiri dari jabatan Koordinator Staf Ahli Kasad (Koorsahli Kasad) dari Letjen TNI Afini Boer kepada Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang sekaligus menyerahkan jabatan Komandan Komando Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) kepada Letjen TNI Arif Rahman.

Selanjutnya, jabatan Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) yang sebelumnya dijabat Letjen TNI Arif Rahman, diserahterimakan kepada Mayjen TNI Anton Nugroho.

Kemudian Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) juga diserahterimakan dari Mayjen TNI Anton Nugroho kepada Brigjen TNI Ketut Duara.

Lalu, Jabatan Direktur Keuangan TNI Angkatan Darat (Dirkuad) dari Brigjen TNI Garanta Singkali kepada Kolonel Cku Ari Yulistiyo, dan jabatan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) dari Brigjen TNI Tagar Pujasembada kepada Kolonel Inf Heny Setyono.

Sementara, Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. memasuki masa purna bakti, dan akan menduduki jabatan sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Selain Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, dua Pati lainnya yang memasuki masa purna bakti, yaitu Letjen TNI Afini Boer dan Brigjen TNI Garanta Singkali.****

Pos terkait