Puluhan Artis Meriahkan Pelantikan Presiden Brasil Lula da Silva

Puluhan Artis Meriahkan Pelantikan Presiden Brasil Lula da Silva

Fajarasia.id – Lautan pendukung Luiz Inacio Lula da Silva berkumpul di depan Kongres sejak dini hari – dengan warna merah Partai Buruhnya. Mereka melakukan perjalanan untuk melihat pemimpin mereka dilantik dan juga untuk merayakan momen spesial itu.

Politisi sayap kiri veteran, yang dikenal luas sebagai Lula, juga memimpin negara itu antara 2003 dan 2010 telah mengalahkan Jair Bolsonaro dalam pemilihan pada Oktober lalu.

Dalam pidato pertamanya, Lula bersumpah untuk membangun kembali sebuah negara di “reruntuhan yang mengerikan”.

Dia mengecam kebijakan pendahulunya, Bolsonaro yang terbang ke Amerika Serikat (AS) pada Jumat (30/12/2022) untuk menghindari upacara serah terima.

Lebih dari 60 artis – termasuk legenda Samba Martinho da Vila – dipesan untuk tampil di dua panggung raksasa yang dihiasi bendera nasional sebagai bagian dari festival musik yang dijuluki “Lulapalooza”.

Negara bagian Brasilia mengerahkan 100% pasukan polisinya – sekitar 8.000 petugas – ke kota tersebut di tengah kekhawatiran bahwa beberapa pendukung Bolsonaro dapat mengganggu proses persidangan.

Polisi militer Brasil mengatakan seorang pria ditangkap saat mencoba memasuki area peresmian dengan membawa pisau dan kembang api pada Minggu (1/1/2023) pagi.

Pekan lalu, pihak berwenang menangkap seorang pendukung Bolsonaro yang diduga meletakkan bahan peledak di sebuah truk bahan bakar di dekat bandara di ibu kota pada Malam Natal. Pria itu mengatakan dia berharap untuk “menabur kekacauan” menjelang pelantikan Lula.

Dan pendukung mantan pemimpin lainnya tetap berkemah di luar markas tentara, di mana mereka mendesak tentara untuk melancarkan kudeta. Polisi berusaha untuk membubarkan para demonstran pada Kamis (29/12/2022), tetapi mundur setelah mereka bereaksi keras.

Namun, Bolsonaro mengutuk protes atas kekalahannya, mendesak para pendukungnya untuk “menunjukkan bahwa kami berbeda dari pihak lain, bahwa kami menghormati norma dan Konstitusi”.****

Pos terkait