BMKG Pastikan Jabodetabek Tidak Alami Hujan Ekstrem

BMKG Pastikan Jabodetabek Tidak Alami Hujan Ekstrem

 Fajarasia.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan daerah Jabodetabek tidak akan mengalami kondisi hujan ekstrem pada 31 Desember 2023. Hal itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Ia menuturkan jika, kawasan Jabodetabek hanya akan mengalami potensi hujan sangat lebat, lebat dan sedang. Sehingga hal ini harus patut di waspadai.

“Potensi hujan sangat lebat berpotensi terjadi. Di Jakarta Utara dan Kabupaten Bekasi bagian utara,” kata Dwikorita kepada wartawan, Kamis (29/12/2022).

Sementara hujan lebat berpotensi terjadi di Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Depok. Lalu hujan sedang berpotensi terjadi di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kabupaten Bekasi.

“Sebelumnya kami prediksi kondisi ekstrim bisa terjadi sampai 2 Januari dan bahkan 3 Januari. Ini ada alasannya kenapa tiba-tiba berubah,” ucapnya.

Lebih jauh, ia mengungkapkan, bahwa itu semua terjadi karena adanya bibit sikon tropis 95w yg saat ini ada di Filipina. Di mana pusat tekanan rendah berada di Australia bagian utara.

“Ini yang menolong. Seakan-akan mengisap yang tadi warna-warna merah (hujan ekstrem) dan pink (hujan sangat lebat) seolah-olah menjadi terurai,” ujarnya.

Pos terkait