Perwakilan Delegasi AIPA Sambut Baik Ajakan Berkunjung ke Jepang

Perwakilan Delegasi AIPA Sambut Baik Ajakan Berkunjung ke Jepang

Fajarasia.id – Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Inna Ammania menyambut baik ajakan Delegasi Parlemen Jepang terhadap delegasi AIPA untuk berkunjung ke negaranya. Dari Kunjungan nanti, lanjut Inna, tentu akan tercetus ide untuk membuat sebuah kerja sama, baik dari sisi parlemen, maupun dari sisi pemerintahannya.

“Sebenarnya kerjasama bilateral Indonesia dan Jepang telah terjalin sejak lama. Baik dalam bidang otomotif, teknologi atau lainnya. Namun untuk keseluruhan negara-negara ASEAN (AIPA) mungkin belum seutuhnya ada hubungan kerjasama. Sehingga tawaran kepada AIPA untuk bisa mengunjungi Jepang oleh delegasi Jepang, dalam waktu dekat ini tentu menjadi hal yang positif. Dan delegasi negara-negara AIPA juga menyambut baik hal itu,” ujar Inna usai memimpin Dialog AIPA dengan Jepang di Jakarta,sebagaimana dukuitip dari Palementaria, Rabu (9/8/2023).

Politisi dari Fraksi Partai PDI-Perjuangan ini menjelaskan, selain di bidang otomotif, yang juga bisa ditingkatkan dari hubungan kerjasama negara-negara ASEAN dengan Jepang, khususnya Indonesia adalah sektor ketenagakerjaan. Jepang masih membutuhkan banyak tenaga kerja dari Indonesia.

Sebaliknya, untuk tenaga kerja Indonesia sendiri, selain penghasilan yang memadai, bekerja di Jepang juga bisa meningkatkan ketrampilan, pengetahuan dan etos kerja, seperti meningkatkan kedisiplinan.

“Dengan kata lain kerjasama AIPA, khususnya Indonesia dengan Jepang selain di bidang otomotif dan teknologi, juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Karena selain Jepang, selain terkenal karena teknologinya, juga dikenal dengan disiplin yang tinggi,” paparnya.***

Pos terkait