Masyarakat Diminta Waspada, BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Masih Bepotensi Terjadi Hingga Februari

Masyarakat Diminta Waspada, BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Masih Bepotensi Terjadi Hingga Februari
Awan mendung terlihat dari kawasan Gading Serpong dan Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, Jumat (28/1/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Banten mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang yang berlangsung hingga Februari 2022, karena anomali cuaca La Nina yang saat ini memasuki masa transisi. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.

Fajarasia.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa potensi cuaca ekstrem di Indonesia masih akan terjadi hingga Februari 2023. Terkait dengan ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Senior Forecaster BMKG, Muhammad Reza menjelaskan sejumlah potensi cuaca ekstrem yang akan muncul berupa puting beliung, hujan es, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

“(Ini) masih dapat terjadi hingga puncak musim hujan mendatang (sekitar Januari-Februari),” kata Reza dalam keterangannya, Minggu (18/12/2022).

BMKG memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya potensi cuaca ekstrem. Temasuk, dampak yang dapat ditimbulkan pada cuaca ekstrem tersebut.

“Berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, jalan licin, pohon tumbang, dll,” ujarnya.****

Pos terkait