KPK Cekal Rafael Alun Dan Istri Keluar Negri

Rafael Alun
Rafael Alun

Fajarasia.id – KPK menyatakan sudah menaikkan status kasus Rafael Alun Trisambodo dari pencegahan masuk ranah lidik. Kabarnya, Rafael Alun juga dilarang kelayapan ke luar negeri selama diperiksa KPK.

“Pencegahan dalam proses penyidikan,” jawab Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2023).

Ali menyebut, KPK belum bisa menerapkan proses pencegahan ke luar negeri terhadap Rafael Alun lantaran baru bisa dilakukan jika kasus Rafael masuk ke tahap penyidikan.

KPK hingga kini masih mencari bukti permulaan awal dari dugaan korupsi yang dilakukan Rafael Alun. Jika bukti awal itu dinilai cukup, kasus itu akan segera ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Ali mengungkapkan, dalam tahap penyidikan, barulah orang yang diduga melakukan perbuatan pidana bisa dilakukan pencegahan ke luar negeri.

“Langkah berikutnya kalau kemudian ada peristiwa pidana, ditemukan orang yang bisa dipertanggungjawabkan, secara hukum berdasarkan dua alat bukti setidaknya sebagai bukti permulaan, dan itu pidananya menjadi kewenangan KPK, ya pasti kemudian ditangani KPK,” papar Ali.

Kasus ‘Aset Fantastis’ Rafael Alun Trisambodo Naik ke Penyelidikan!
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meningkatkan status kasus mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT) ke tahap penyelidikan.

“Terkait pemeriksaan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) RAT, saat ini telah ditingkatkan pada tahap penyelidikan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Meski demikian Ali tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai temuan apa yang menjadi dasar peningkatan status kasus tersebut ke tahap penyidikan.

“Perlu kami sampaikan, sebagai bagian dari strategi penyelesaian perkara maka terkait kegiatan dimaksud tentu mengenai substansi materi tidak bisa semuanya kami sampaikan ke publik,” ujarnya.***

Pos terkait