Rusia tugaskan satu kapal selam baru dan luncurkan kapal selam

Rusia tugaskan satu kapal selam baru dan luncurkan kapal selam

Fajarasia.id – Kapal selam strategis bertenaga nuklir terbaru milik Rusia, Generalissimo Suvorov dan Emperor Alexander III, masing-masing ditugaskan dan diluncurkan padaJumat (30/12/2022).

Generalissimo Suvorov dan Emperor Alexander III merupakan kapal selam kelas Borei-A keenam dan ketujuh Rusia, yang mampu mengangkut rudal balistik antarbenua Bulava, demikian menurut Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Kapal rudal kecil Grad dan kapal penyapu ranjau (sea minesweeper) Anatoly Shlemov juga bergabung melengkapi Angkatan Laut Rusia pada Kamis.

“Kapal selam dan kapal permukaan (surface ship) baru itu dilengkapi dengan sistem navigasi, komunikasi dan hidroakustik modern, senjata berpresisi tinggi, dan sistem robotik,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin dalam upacara peluncuran melalui tautan video.

“Kami akan meningkatkan kecepatan dan kapasitas pembangunan kapal dari berbagai jenis, melengkapinya dengan senjata paling modern… melakukan semua yang diperlukan untuk memastikan keamanan Rusia dengan andal, melindungi kepentingan nasional kita di lautan,” katanya.****

 

 

Pos terkait