Puluhan Warga Kota Bekasi Meninggal Dunia Akibat DBD

Puluhan Warga Kota Bekasi Meninggal Dunia Akibat DBD

Fajarasia.id – Di 2024 ini, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tengah mewabah di Kota Bekasi. Sejak Januari, tercatat sebanyak 22 orang meninggal akibat wabah tersebut.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bekasi per 24 Mei 2024, jumlah keseluruhan kasus DBD mencapai 2.209 kasus. Kasus itu menyebar hampir di 12 kecamatan di Kota Bekasi.

“Kasus DBD sampai bulan Mei ini sudah 2.209 kasus dengan total yang meninggal 22 orang. Tapi jika dibandingkan di bulan April, pada Mei ini mulai mengalami penurunan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, Senin (27/5/2024).

Dengan fakta tersebut, ia meminta masyarakat berperan aktif dalam mencegah DBD yang tengah mewabah. Adapun caranya dengan aktif melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumah masing-masing.

“Pemberantasan DBD butuh kerja sama semua pihak. Bukan tanggung jawab Pemkot Bekasi atau Dinas Kesehatan saja,” kata dia.

Ia menjelaskan, sejauh ini Dinas Kesehatan sudah melakukan tugas dan wewenangnya dalam pemberantasan DBD. Dari mulai memberikan imbauan, menyiapkan sarana prasarana berkaitan dengan DBD, dan upaya lainnya.

“Kita sudah melaksanakan apa yang jadi tugas dan kewenangan kita. Tapi memang pemberantasan DBD ini butuh kerja bersama semua pihak terutama masyarakat,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.***

Pos terkait