Politisi Demokrat Minta Tuntaskan Masalah Tanah Adat Masyarakat IKN

Politisi Demokrat Minta Tuntaskan Masalah Tanah Adat Masyarakat IKN

Fajarasia.id – Anggota Komisi II DPR, Wahyu Sanjaya mendorong Pemerintah segera menyelesaikan permasalah pengadaan tanah IKN Nusantara dengan penduduk lokal. Ia menyebut Pemerintah harus menjamin kearifan adat lokal terjaga agar IKN menjadi kota kebudayaan khusus bagi penduduk lokal.

“Pembangunan itu jangan sampe mengambil hak-hak warga penduduk lokal yang sudah berdomisili. Di sana hak-hak ada yang dimiliki oleh Dayak,” ungkap Wahyu dalam keterangan pers di Jakarta, pada Sabtu (20/4/2024).

Wahyu yang merupakan politisi Demokrat ini menyatakan regulasi pengadaan tanah harus disepakati oleh semua pihak khususnya penduduk lokal. Menurutnya, permasalahan tanah adat penduduk lokal jangan sampai menjadi permasalahan di kemudian hari dalam pengembangan IKN Nusantara.

“Lembaga Manajemen Aset ada regulasi tambahan ada istilah tanah hangus kadang ada kadang enggak gimana proses pembebasan. Di beberapa regulasi memang harus ada diperbaiki karena jangan sampai LMAN semangat nya tinggi tetapi masalah hukum di kemudian hari,” katanya.

Agung menambahkan, permasalahan tanah adat masyarakat IKN harus selesai sebelum pemindahan ASN ke IKN pada September 2024. Hal ini untuk memberikan jaminan dan rasa keadilan, serta mendukung keberlanjutan pengembangan kawasan IKN Nusantara ke depannya.***

Pos terkait