Perusahaan investasi asing di China meningkat pesat di awal tahun 2024

Perusahaan investasi asing di China meningkat pesat di awal tahun 2024

Fajarasia.id – Sekitar 7.160 perusahaan investasi asing baru didirikan di seluruh China dalam dua bulan pertama tahun ini dan menandai peningkatan 34,9 persen secara tahunan (year on year/yoy), demikian publikasi data Kementerian Perdagangan (Kemendag) China pada Jumat (22/3).

“Pertumbuhan yang kuat sebesar 34,9 persen merupakan pertumbuhan tertinggi dalam hampir lima tahun, menunjukkan bahwa perusahaan multinasional masih optimistis terhadap peluang pengembangan pasar China,” kata seorang pejabat di Kemendag China.

Nilai investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) di China Daratan dalam penggunaan aktual mencapai 215,09 miliar yuan atau sekitar 30,29 miliar dolar AS pada periode tersebut, turun 19,9 persen (yoy).

“Meskipun terjadi penurunan FDI dalam dua bulan pertama, angka tersebut masih merupakan level tertinggi ketiga dalam hampir satu dekade,” ungkap pejabat itu.

FDI di sektor manufaktur teknologi tinggi melonjak 10,1 persen (yoy) menjadi 28,27 miliar yuan dalam dua bulan.

FDI dari Prancis, Spanyol, dan Australia masing-masing meningkat sebesar 585,8 persen, 399,3 persen, dan 144,5 persen.

“Saat ini, faktor-faktor yang menguntungkan di China dalam menarik investasi asing masih lebih besar dibandingkan faktor-faktor yang tidak menguntungkan, dan prospek berinvestasi di China tetap cerah,” ujar sang pejabat.***

Pos terkait