Orang Tua Diminta Awasi Pengasuhan Anak

Orang Tua Diminta Awasi Pengasuhan Anak

Fajarasia.id – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) kembali merilis adanya kasus kekerasan pada anak. Asisten Deputi Pelayanan Anak Kementerian PPPA Atwirlany Ritonga mengimbau, orang tua untuk tetap mengawasi pengasuhan anak, utamanya yang dilakukan pihak lain.

“Meskipun seringkali pengasuhan dilakukan oleh orang lain. Akan tetapi, tanggung jawab untuk melindungi dan mengasuh anak tetap ada pada orang tua,” kata Atwirlany , Senin (1/4/20204).

“Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang perlindungan anak, bahwa setiap anak berhak diasuh oleh orang tua mereka sendiri. Terkecuali jika ada alasan atau aturan hukum yang sah untuk pemisahan demi kepentingan terbaik bagi anak,”.

Selain itu, lanjutnya, orang tua harus lebih peka dan memahami terkait pengasuhan yang terbaik kepada anak-anak. Pengasuhan harus berfokus pada tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak sendiri.

Menurutnya, orang tua juga harus lebih selektif dalam mencari pengasuh yang tepat untuk anak mereka. “Hal ini karena pengasuh akan menjadi pengganti orang tua selama orang tua bekerja, dan lain sebagainya,” ujarnya.****

Pos terkait