Menparekraf Minta Wisatawan Tetap Waspada Erupsi Gunung Ruang

Menparekraf Minta Wisatawan Tetap Waspada Erupsi Gunung Ruang

Fajarasia.id – Para wisatawan diminta untuk tetap selaly mewaspadai adanya erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

“Kami meminta untuk tetap waspada bagi para wisatawan dengan adanya erupsi ini. Alhamdulillah kemarin mitigasi manajemen krisis kita dari fungsi untuk komunikasu tetap berjalan baik,” kata Sandiaga Salahuddin Uno kepada wartawan di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Selain itu, Sandi juga mengimbau para wisatawan untuk tetap siaga dan selalu berhati-hati saat melakukan wisata. Terutama bagi wisatawan yang berada di sekitar Kawasan Gunung Ruang.

Perlu diketahui, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan bahwa Gunung Ruang sudah beberapa kali erupsi. Pada 17 April 2024 pukul 18.00 WITA kembali tercata erupsi di Gunung Ruang dan terjadi erupsi kembali pada pukul 20.15 WITA.

“Pukul 20.15 WITA visual di Pulau Ruang teramati erupsi eksplosif disertai dengan lontaran material pijar disertai awan panas. Hal ini mengakibatkan hujan batu dan pasir di Pulau Tugalandang,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid. ****

Pos terkait