Komisi VII DPR apresiasi PLN Sumut jaga pasokan listrik Idul Fitri

Komisi VII DPR apresiasi PLN Sumut jaga pasokan listrik Idul Fitri

Fajarasia.id – Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Sitompul menyampaikan apresiasi kepada PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara atas kerja kerasnya dalam menjaga pasokan tenaga listrik selama Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1444 H.

“Saya senang dan bangga melihat kesiapan PLN di Sumatera Utara dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri ini,” kata Hendrik, dalam keterangan diperoleh, Kamis(20/4/2023).

Hal itu dikatakan Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Sitompul dan Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu, saat melakukan sidak ke PLN UID Sumut, dalam kesiapan PLN menyambut Idul Fitri 1444 H di Medan.

Hendrik menyebutkan hal ini menjadi dasar disampaikan kepada masyarakat tidak perlu resah dan khawatir karena PLN telah mengeluarkan seluruh sumber daya yang ada dalam menjaga pasokan listrik.

“Untuk itu kami juga menyampaikan kepada PLN untuk terus konsisten menjaga kehandalan listrik dan kami yakin bahwa PLN akan terus menjaga kelistrikan selama Ramadhan dan Idul Fitri,” katanya.

Sementara, Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu meminta kepada General Manajer PLN UID Sumut agar pelayanan kepada masyarakat betul-betul diperhatikan.

Ia menyebutkan jika terjadi pemadaman karena gangguan agar dieksekusi dengan cepat dan tepat.

“Kita sudah perintahkan kepada PLN agar membantu rumah ibadah jika terjadi gangguan di sisi instalasi selama Ramadhan dan Idul Fitri, walaupun bukan wewenang PLN,” kata Jisman.

​​​​​​​General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid menjelaskan dalam menyambut Idul Fitri 1444 H telah mempersiapkan 259 posko siaga kelistrikan yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat yang melintas dan beristirahat sejenak saat mudik Idul Fitri tahun ini.

​​​​​​​Awaluddin menyebutkan bahwa untuk pasokan tenaga listrik di Sumatera Utara sampai dengan tanggal 18 April 2023 dalam posisi surplus sebesar 400 MW, sehingga dipastikan seluruh pelanggan dapat dengan nyaman dan aman menggunakan listrik sebagai sumber energi utama selama perayaan Idul Fitri 1444 H berlangsung.

“Beberapa SPKLU telah kami bangun untuk mendukung para pemilik kendaraan listrik yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik. Sebanyak 10 SPKLU di Sumatera Utara telah berhasil kami bangun dan dapat dioperasikan,” katanya.

​​​​​​​Awaluddin menambahkan para pemilik kendaraan listrik dapat mengetahui lokasi-lokasi SPKLU melalui Aplikasi PLN Mobile Fitur Electric Vehicle.***

 

Pos terkait