Fajarasia.id – KAI Commuter memastikan akan tetap beroperasi normal saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 22 Desember 2022- 8 Januari 2023. Namun, segala persiapan juga tengah dilakukan untuk memastikan moda transportasi ini lancar selama Nataru.
Vice President Corporate Communication PT KAI Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba memprediksi volume pengguna akan naik tahun ini. Dan pihaknya memfokuskan diri pada keselamatan, keamanan, dan pelayanan untuk menjadi solusi ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia.
KAI Commuter memprediksi kenaikan volume pengguna sebesar 49 persen dibanding tahun lalu. Sebanyak 12,3 juta lebih pengguna diperkirakan akan naik commuterline Jabodetabek.
Anne Purba mengatakan Commuterline tetap akan beropreasi normal. Total 1081 perjalanan dengan jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB akan tetap diberlakukan.
“Commuter Line khususnya di malam tahun baru, kami belum ada penambahan jam operasional ataupun frekuensi perjalanan. Tetapi, ketika ada penyesuaian kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap meng-update informasi lewat platform media informasi kami, baik lewat media sosial kami di @commuterline dan KRL Access,” katanya kepada media Rabu (21/12/2022).
Ia juga menjelaskan jadwal pemberangkatan terakhir dari masing-masing lintas. Pemberangkatan Commuterline terakhir Lintas Jakarta-Bogor pada pukul 23.45 WIB, sedangkan Bogor-Jakarta pada pukul 22.45 WIB. Lintas Cikarang-Angke (via Manggarai) pada pukul 22.15 WIB, Cikarang-Jakarta Kota (via Pasar Senen) pukul 22.24 WIB.
Pemberangkatan terakhir Kampung Bandan-Cikarang (via Manggarai) pada pukul 23.22 WIB. Lintas Tanah Abang-Parung Panjang pada pukul 23.40 WIB. Sebaliknya untuk Rangkas Bitung-Tanah Abang pukul 21.59 WIB, dan Parung Panjang-Tanah Abang pukul 22.30 WIB. Untuk Lintas Tangerang-Duri pada pukul 22.10 WIB dan sebaliknya Duri-Tangerang pukul 23.48 WIB.
Pembelian tiket dapat dilakukan dengan transaksi non tunai. Transaksi pembayaran dengan uang elektronik juga dapat dilakukan. Beberapa contohnya seperti Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik bank, ataupun tiket QR.
Dari segi pelayanan dan pengamanan, KAI Commuter akan menugaskan 2.974 orang Passanger Service (PS) yang siap membantu pelayanan di stasiun. Hal tersebut disampaikan Manager External Relations and Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan.
“Untuk pengamanan, 4000 orang petugas yang terdiri dari personel internal, security, dan TNI/Polri juga siap memberikan pelayanan pengamanan kepada pengguna commuter,” ujar Leza.
Anne Purba juga mengimbau masyarakat pengguna commuterline tetap menerapkan protokol kesehatan saat libur Natal dan Tahun baru.****