BMKG : Hari ini Mayoritas kota Besar di Indonesia Akan di Guyur hujan

BMKG : Hari ini Mayoritas kota Besar di Indonesia Akan di Guyur hujan

fajarasia.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan ringan, sedang, hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Sabtu.

Pada wilayah dengan tekanan rendah, baik yang menjadi daerah perlambatan kecepatan angin maupun daerah pertemuan angin akan mengalami peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan.

Dikutip dalam laman resmi BMKG di Jakarta, pihaknya memprakirakan beberapa kota besar akan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yakni Jambi, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Jambi, Tanjung Selor, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Mamuju, Manado, Kendari, Ternate, Ambon.

BMKG juga memprakirakan beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Bengkulu, Palembang, Mataram, Palangkaraya, Gorontalo, Palu, Manokwari, Jayapura.

Beberapa kota lainnya diprakirakan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Banda aceh, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Serang, Denpasar, Kupang, Makassar,

Secara khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan seluruh wilayah mengalami kondisi cuaca berawan pada pagi hari, yang diikuti dengan kondisi cuaca cerah berawan pada siang hari dan kembali berawan pada malam hari.

BMKG juga mengimbau masyarakat pesisir untuk mewaspadai potensi rob di pesisir Belawan, pesisir Kepulauan Riau, pesisir Sumatera Barat, pesisir utara Jakarta dan pesisir Kota Surabaya.

Untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya di kisaran 0,5 hingga 2,5 m.***

 

Pos terkait