Antam Optimis Ancaman Resesi Tak Pengaruhi Penjualan Emas

Antam Optimis Ancaman Resesi Tak Pengaruhi Penjualan Emas

Fajarasia.id – PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memprediksi penjualan emas logam mulia masih terus menujukkan kinerja yang baik. Hal ini diungkap General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, Purwanto.

Menurutnya, penjualan emas masih akan agresif diikuti dengan semakin terbukanya masyarakat terhadap investasi emas. Kendati ada ancaman resesi ekonomi di 2023 ini.

“Justru dengan adanya resesi, penjualan biasanya akan lebih agresif. Karena penjualan kita tergantung permintaan pasar,” kata Purwanto usai Peluncuran Emas Antam edisi Imlek 2023, di Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Dia mengatakan, penjualan itu juga dipengaruhi kenyaman masyarakat dengan nilai emasnya. “Jadi kalau masyarakat merasa nyaman dengan nilainya emas, saya rasa itu akan mengikuti grafiknya atau skematik penjualannya gitu, seperti itu lah antusias masyarkat,” ujarnya.

Meski demikian, dirinya belum dapat memprediksi harga yang terjadi di 2023 ini. Hanya saja, dia meyakini kalau harga emas akan terus meningkat kedepannya.

“Kalau dilihat dari harga emas itu kan sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global ya. Jadi ada kemungkinan itu terus naik ke atas,” ujarnya.

Purwanto mengacu ke pergerakan harga emas dalam 10 tahun terakhir. Menurutnya, emas yang tak lekang oleh inflasi masih terus menunjukkan peningkatan yang cukup positif.

“Tapi kalau kita lihat dari data 10 tahun ke belakang dengan ke sini, grafiknya selalu naik. Itulah yang menyebabkan masyarakat lebih menggeluti ya untuk menyimpan emas daripada produk lain, tentunya emas logam mulia,” katanya.***

Pos terkait