Angin Duduk Bisa Mematikan, Berikut Gejalanya Yang Perlu Diketahui

Angin Duduk Bisa Mematikan, Berikut Gejalanya Yang Perlu Diketahui

Fajarasia.id – Angin duduk atau disebut juga sebagai angina merupakan penyakit yang muncul akibat terganggunya pasokan oksigen. Serta aliran darah ke otot jantung, akibatnya, orang yang mengalami angina merasakan nyeri dada.

Kondisi ini tidak boleh anda sepelekan, dan sebaiknya cari bantuan medis segera. Berikut berbagai gejala angin duduk yang patut anda waspadai, dirangkum berbagai sumber, begini rangkumannya:

1. Nyeri atau ketidaknyamanan di dada

Salah satu gejala angin duduk yang paling umum adalah nyeri atau ketidaknyamanan di dada. Orang yang mengalami angin duduk sering menggambarkan sensasi tekanan, berat, atau rasa terbakar di daerah dada.

Nyeri ini seringkali melibatkan bagian tengah atau sebelah kiri dada. Hingga dapat menyebar ke leher, rahang, atau lengan kiri.

2. Kesulitan bernapas

Gejala lain yang sering muncul adalah kesulitan bernapas atau perasaan sesak napas. Pengidapnya mungkin merasa sulit untuk mengambil napas secara normal, bahkan saat istirahat.

Gejala ini dapat berkembang secara perlahan atau muncul secara tiba-tiba. Jadi, harus waspada jika terdapat gejala seperti ini.

3. Keringat dingin dan pucat

Angina juga dapat menyebabkan keringat dingin dan pucat. Pengidapnya merasa dingin dan berkeringat lebih dari biasanya, meskipun kondisi sekitarnya tidak panas.

Kulit yang tampak pucat atau abu-abu adalah tanda bahwa tubuh mengalami tekanan yang signifikan.

4. Mual dan muntah

Mual dan muntah adalah gejala umum yang dapat terjadi selama serangan angin duduk. Rasa mual ini bisa ringan atau parah dan dapat menyertai nyeri dada atau kesulitan bernapas.

Muntah dapat terjadi sebagai respons tubuh terhadap stres atau tekanan yang muncul. Maka perlu di waspadai gejala ini juga.

5. Kelelahan yang luar biasa

Pengidap angin duduk seringkali merasa kelelahan yang luar biasa. Meskipun kelelahan dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Seperti kelelahan yang terkait dengan angin duduk sering muncul secara mendalam dan tiba-tiba. Kelelahan tanpa alasan jelas dapat menjadi hal yang perlu anda waspadai.

6. Pusing atau pingsan

Beberapa orang yang mengalami angina dapat mengalami pusing atau bahkan pingsan. Penurunan tekanan darah yang signifikan dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otak, sehingga menyebabkan pusing atau pingsan.

Pengidap yang kehilangan kesadaran adalah darurat dan memerlukan pertolongan medis segera. Nah, begini Cara Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Angin Duduk yang wajib diketahui.

7. Gelisah atau kecemasan yang intens

Angina dapat memicu reaksi kecemasan atau perasaan gelisah yang intens. Pengidapnya seringkali merasa cemas, takut, atau merasa seperti ada sesuatu yang buruk yang akan terjadi.

Kecemasan ini dapat terjadi bersamaan dengan gejala fisik. Seperti nyeri dada atau kesulitan bernapas.

8. Sakit di bagian tubuh lain

Selain nyeri di dada, angin duduk juga dapat menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh lain. Pengidapnya mungkin merasakan nyeri atau ketidaknyamanan di leher, rahang, lengan kiri, atau punggung.

Sensasi ini dapat bervariasi dari rasa terbakar hingga tekanan atau berat. Jadi, jangan anggap sepele gejala ini.

9. Detak jantung yang tidak teratur atau cepat

Pada beberapa kasus, angin duduk dapat menyebabkan detak jantung yang tidak teratur atau cepat. Jantung terasa berdebar-debar atau mengalami palpitations.

Detak jantung yang tidak normal dapat menjadi tanda bahwa jantung mengalami stres. Atau bisa merasakan beban yang berlebihan.

10. Perasaan tidak nyaman di lambung atau perut

Angin duduk juga dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman di lambung atau perut. Beberapa orang melaporkan sensasi seperti perut kembung, gas, atau perut terasa penuh.

Gejala ini dapat terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti mual atau muntah. Itulah informasi seputar gejala angin duduk yang patut kamu waspadai.*****

Pos terkait