Sukamta Dorong Pengembangan Kapasitas Perempuan dan Pemuda Di Bidang Politik

Sukamta Dorong Pengembangan Kapasitas Perempuan dan Pemuda Di Bidang Politik

Fajarasia.id – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Sukamta mendorong capacity building (pengembangan kapasitas) perempuan dan pemuda yang ingin terjun dalam dunia politik, khususnya parlemen.

“Dalam pertemuan dengan WFD (Westminster Foundation for Democracy) tadi, saya mendorong, selain kuantitas keterlibatan perempuan dalam dunia politik, yang harus didorong juga capacity building dari perempuan itu sendiri, serta anak muda,” ujar Sukamta usai pertemuan dengan WFD dalam rangkaian sidang umum AIPA, Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Dilanjutkan Sukamta, hal tersebut semata agar perempuan dan juga pemuda yang masuk dalam parlemen khususnya, bisa seutuhnya menjadi corong serta magnet bagi konstituen untuk terus memilih ke depannya.

Tidak hanya itu, Politisi dari Fraksi PKS ini juga berharap pengembangan kapasitas juga diberikan kepada staf dari anggota parlemen. Menurutnya, staf tersebut menjadi bagian dari ekosistem yang ada di DPR. Bahkan mereka terlibat penuh dalam peningkatan kapasitas anggotanya.

“Jadi penting sekali diberikan capacity building, bukan hanya anggotanya, melainkan juga stafnya,” tambahnya.

Politisi dari Dapil D.I.Yogjakarta ini juga menambahkan bahwa dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan tentang peningkatan demokratisasi di kawasan ASEAN. ASEAN memiliki prinsip untuk mengembangkan demokrasi sesuai kebijakan negara masing-masing.****

Pos terkait