Pemerintah Tuntaskan Rekonstruksi Fasilitas Umum Pascabencana Sulbar 2021

Pemerintah Tuntaskan Rekonstruksi Fasilitas Umum Pascabencana Sulbar 2021

Fajarasia.id – Pemerintah menyelesaikan rekonstruksi ratusan fasilitas umum yang rusak akibat gempa bumi di Sulawesi Barat pada Januari 2021. Presiden Joko Widodo pun telah meresmikan 147 bangunan terdampak bencana tersebut yang selesai direhabilitasi pada Selasa (23/4/2024).

Menurut Kepala Negara, rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur dan bangunan tersebut menelan anggaran sebesar Rp31 triliun. Rekonstruksi mencakup 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan, dan satu gedung peribadatan.

Kemudian satu fasilitas olahraga, tujuh rumah susun, dua rumah adat, dan 17 prasarana air minum. “Rehabilitasi dan reskonstruksi ini atas perintah langsung saat saya meninjau dampak gempa,” ujar Presiden.

Pengerjaan rekonstruksi fasilitas umum terdampak gempa Sulawesi Barat itu dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana perlu memastikan kualitas pembangunannya.

“Kami juga harus memastikan kualitas fasilitas pendukung seperti kecukupan pasokan air dan estetika,” ujarnya. Sehingga, setelah diperbaiki, kondisi bangunan bukan hanya kembali utuh tetapi juga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sebut saja fasilitas pendidikan SMK 1 Rangas yang menjadi pusat kegiatan Presiden Jokowi di Sulawesi Barat. “Saya melihat bangunannya menjadi lebih bagus,” ucapnya.

Kepala Negara bahkan berjanji akan membangun asrama sesuai permintaan Kepala Sekolah didukung Bupati Mamuju dan Gubernur Sulawesi Barat. “Nanti kami bangun sekalian bengkel praktiknya,” katanya.

Sulman, Guru Teknik Mesin Kendaraan SMKN 1 Rangas, mengatakan gempa menyebabkan gedung sekolah roboh dan mengganggu aktivitas belajar mengajar. “Alhamdulillah,  berkat bantuan pemerintah kini gedungnya semakin tertata rapi lengkap dengan fasilitasnya,” ujarnya.***

Pos terkait