Makin Nekad, Kini Tank Israel Mulai Masuki Kota Rafah Palestina

Makin Nekad, Kini Tank Israel Mulai Masuki Kota Rafah Palestina

Fajarasia.id – Walau berbagai negara telah mengakui kedaulatan kemerdekaan Palstina, namun Israle semakin memgila, kini Tank-tank Israel telah memasuki pusat Kota Rafah, Selasa (28/5/2024). Dengan demikian pasukan Zionis sudah masuk ke seluruh kota Gaza sejak memulai operasi darat pada akhir Oktober 2023.

Israel telah mengerahkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya ke pinggiran Rafah sejak awal Mei 2024. Termasuk menguasai pagar pintu dengan Mesir pada 6 Mei lalu.

Saksi mata mengatakan kepada Reuters, beberapa tank terlihat di dekat Masjid Al Awda, dekat ikon pusat Kota Rafah. Meski demikian militer Israel masih bungkam terkait pegerakan kendaraan-kendaraan tempurnya.

Penyerbuan ke Kota Rafah ini merupakan bentuk pembangkangan yang nyata Israel, bukan hanya dari atas seruan internasional sekutu terdekatnya Amerika Serikat. Tapi juga perintah Mahkamah Internasional (ICJ).

Para hakim ICJ pada Jumat pekan lalu memerintahkan Israel menghentikan operasi militernya di Rafah. Perintah itu termaktub dalam putusan darurat atas gugatan yang diajukan Afrika Selatan yang menuduh Israel telah melakukan genosida di Gaza.

ICJ tidak mempunyai sarana untuk memastikan perintah itu dijalankan. Namun kasus tersebut menunjukkan bukti nyata semakin terisolasinya Israel di pentas global.***

Pos terkait