Legislator Dorong Polri Investigasi Kecelakaan Bus Study Tour

Legislator Dorong Polri Investigasi Kecelakaan Bus Study Tour

Fajarasia.id – Anggota Komisi III DPR, Moh Rano Alfath meminta Polri melakukan penyelidikan dan investigasi terkait kecelakaan bus study tour. Hal ini berkaca dari kasus kecelakaan bus study tour yang Kembali terjadi di Jombang.

“Polri harus segera turun tangan menyelidiki kelayakan armada bus yang dipakai untuk kegiatan study tour siswa sekolah. Banyaknya kecelakaan yang melibatkan bus study tour belakangan ini cukup meresahkan masyarakat khususnya orang tua murid,” kata Rano dalam keterangan pers di Jakarta, pada Jumat (24/5/2024).

Rano yang merupakan politisi PKB menyebut, Polri harus melakukan langkah pencegahan himbauan kepada sekolah yang melakukan study tour. Ia mengatakan, Polri juga dapat memberikan sanksi tegas kepada Perusahaan Otobus (PO) yang mengabaikan aspek keselamatan para penumpang.

“Keselamatan anak-anak mengikuti kegiatan luar sekolah seperti study tour ini harus menjadi alarm bagi semua pihak. Investigasi menyeluruh dan tindakan preventif yang tegas adalah kunci memastikan tragedi di Tol Jombang ini tidak terulang lagi,” katanya.

Rano berharap tidak ada lagi kecelakaan bus study tour seperti yang terjadi di rombongan SMP PGRI 1 Wonosari. Adapun kecelakaan bus study tour sekolah sebelumnya terjadi di Ciater Subang, dan di Tanggamus Bandar Lampung.***

 

Pos terkait