Komisi IV Berhasil Bangun Kesepahaman di Bidang Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan dalam Kunjungan ke Swedia

Komisi IV Berhasil Bangun Kesepahaman di Bidang Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan dalam Kunjungan ke Swedia

Fajarasia.id – Komisi IV DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Stockholm, Swedia, pada 18-23 Mei 2024. Delegasi Komisi IV dipimpin oleh Budhy Setiawan dan Budisatrio Djiwandono melakukan kunjungan tersebut untuk mempelajari kebijakan dan program yang telah dilakukan oleh Pemerintah Swedia, baik dalam bidang pangan dan pertanian, perikanan dan kelautan, serta lingkungan hidup dan kehutanan.

Ketua Delegasi Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan bersama tim melakukan berbagai rangkaian kegiatan. Beberapa di antaranya yaitu peninjauan pasar ikan yang ada di salah satu wilayah Stockholm, peninjauan lahan pertanian dan peternakan, serta melakukan pertemuan dengan parlemen Swedia.

Budhy Setyawan menyatakan bahwa kunjungan ke pasar ikan bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan sumber daya ikan Indonesia kepada Swedia, yang saat ini masih mengimpor sebagian besar komoditas perikanan.

“Kunjungan ke pasar ikan ini memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Swedia, di mada Swedia saat ini masih bergantung pada komoditas perikanan impor dan memperkenalkan kekayaan Sumber Daya Ikan yang dimiliki oleh Indonesia,” ujar Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut di sela-sela kunjungan, Stockholm, Swedia, lewat rilisnya yang diterima Redaksi pada Jumat  (24/5/2024).

Selanjutnya, Komisi IV mengunjungi Sentra Peternakan dan Perkebunan Bona Gard, serta Fish & Market di Swedia. Di kesempatan ini Komisi IV melakukan pertemuan dengan peternak guna mempelajari pelaksanaan pertanian terpadu.

“Komisi IV juga mempelajari pelaksanaan pertanian terpadu, di mana limbah peternakan dan pertanian dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk organik dan bahan baku energi lainnya,” jelas Budhy kepada Parlementaria.

Adam Reuterskiold selaku Chairman of the Sweden-Indonesia Interparliamentary Friendship Relations menyebut tertarik untuk menindaklanjuti dengan kunjungan balasan ke Indonesia dalam waktu dekat.

Di hari berikutnya, Delegasi Komisi IV DPR RI bertemu dengan Mr Adam Reuterskiöld (Chairman of the Sweden-Indonesia Interparliamentary Friendship Relations), Mr Kenneth G Forslund, MsEmma Nohrén, Mr John Widegren, Ms Helena Storckenfeldt, Ms Stina Larsson, dan Ms Elin Nilsson yang merupakan anggota parlemen Komisi Lingkungan dan Pertanian.

Parlemen Swedia atau yang dikenal dengan istilah Riksdag, menyambut baik kunjungan Komisi IV DPR RI tersebut. Adam Reuterskiold selaku Chairman of the Sweden-Indonesia Interparliamentary Friendship Relations menyebut tertarik untuk menindaklanjuti dengan kunjungan balasan ke Indonesia dalam waktu dekat. “Kami melihat banyak peluang kerja sama dengan Indonesia, pada saatnya kami ingin sekali melakukan kunjungan balasan ke DPR,” tekan Adam.

Dalam pertemuan itu, Delegasi Komisi IV menyoroti beberapa isu penting, seperti penurunan jumlah petani dan peningkatan petani muda, konsep penangkapan ikan yang berkelanjutan, serta praktik perhutanan sosial yang telah diterapkan oleh Swedia.

“Indonesia berharap dapat belajar dari pengalaman Swedia dalam mengelola keberlanjutan lingkungan, pertanian organik, dan kebijakan perikanan yang berkelanjutan,” urainya.****

Pos terkait