Komisi X: PSSI Harus Buat ‘Roadmap’ Jangka Panjang

Komisi X: PSSI Harus Buat 'Roadmap' Jangka Panjang

Fajarasia.id – Komisi X DPR RI mendorong, PSSI membuat roadmap jangka panjang untuk menciptakan pemain lokal berkualitas. Parlemen tidak menyetujui sepenuhnya, jika PSSI mengandalkan naturalisasi untuk mengisi skuad Timnas sepakbola Indonesia.

“PSSI harus punya ‘roadmap’ di olahraga sepakbola untuk jangka panjang, sehingga mereka harus mempersiapkan pemain-pemain muda kita. Yang mungkin Jika mereka seleksi dari 100 pemain mungkin dipilih jadi 30 pemain untuk dimasukkan ke pelatihan Pusat,” kata Anggota Komisi X DPR RI, Yan Permenas Mandenas , Kamis (20/6/2024).

Presiden PSBS Biak ini mengatakan, pelatihan pusat untuk Timnas Indonesia itu tidak harus dalam negeri. Jika mau menambah jam terbang, para pemain bisa ditempatkan di Eropa.

“Atau di Amerika Latin, selama saya di Komisi I DPR, kan banyak kunjungan ke luar negeri. Banyak sekali klub sepakbola yang kami datangi mereka siap membuka diri,” ucapnya.

Kalau dalam waktu 5-10 tahun PSSI siap, politikus Gerindra ini meyakini, Timnas Indonesia bisa pemain-pemain asli Tanah Air. Pastinya juga, atmosfer di masyarakat penikmat sepakbola juga akan berbeda.

“Meski kita harus apresiasi bahwa pemain-pemain naturalisasi kita masih butuh sampai saat ini. Tapi saya garis bawahi jangan sampai jadi trending positif untuk PSSI,” ujarnya.***

Pos terkait