Keluarga SYL Terdiri dari Istri, Anak Hingga Cucu Bakal Jadi Saksi Kasus Gratifikasi di Kementan

Keluarga SYL Terdiri dari Istri, Anak Hingga Cucu Bakal Jadi Saksi Kasus Gratifikasi di Kementan

Fajarasia.id – Keluarga mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) akan dihadirkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Senin 27 Mei 2024.

Keluarga SYL tersebut terdiri dari istri, anak hingga cucunya akan dimintai keterangan sebagai saksi di pengadilan tersebut.

Hadirnya keluarga SYL di persidangan tersebut diungkapkan Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, JumatĀ  24 Mei 2024.

SYL didakwa jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. Dia didakwa bersama dua eks anak buahnya, yakni Sekjen Kementan nonaktif Kasdi dan Direktur Kementan nonaktif M Hatta. Kasdi dan Hatta diadili dalam berkas perkara terpisah.

Dalam dakwaan terhadap SYL, jaksa mengungkap aliran uang terkait kasus tersebut.

Banyak pejabat Kementan yang telah menjadi saksi mengeluhkan kepada majelis hakim Pengadilan Tipikor itu terpaksa harus patungan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi SYL. Misalnya saja sewa jet pribadi, umroh, perjalanan ke Brasil dan Amerika Serikat, kebutuhan di Eropa, renovasi kamar anak, beli mikrofon hingga sapi kurban.

Bahkan ada pejabat Kementan yang mengaku membuat perjalanan dinas fiktif dan uangnya dicairkan untuk memenuhi berbagai permintaan SYL.

Soal keterangan anggota keluarga SYL itu, Jaksa KPK Meyer Simanjuntak mengatakan tak dapat menolak bersaksi karena keterangannya untuk terdakwa Sekjen Kementan nonaktif Kasdi Subagyono serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan nonaktif Muhammad Hatta.***

 

Pos terkait