Kawasan DAS Sanggai di IKN Jadi Lokasi Olahraga

Kawasan DAS Sanggai di IKN Jadi Lokasi Olahraga

Fajarasia.id – Daerah Aliran Sungai (DAS) Sanggai di dalam kawasan IKN, tepatnya di Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, dipersiapkan menjadi kolam resistensi. Namun saat ini juga bisa dipakai untuk sarana berolahraga warga.

Kolam resistensi dibangun untuk menampung air hujan dan mencegah terjadinya bencana hidrometeorologi. Misalnya banjir, erosi, sedimentasi, dan longsor serta kekurangan air saat kemarau.

Soal dipakai untuk olahraga, tempat itu memang ideal. Sebab, kolam resistensi di sekitar kawasan DAS Sanggai telah ditata sedemikian rupa, sehingga terlihat rapih dan asri.

Terdapat juga beberapa tempat persinggahan yang apik dan cocok untuk tempat swafoto. Tidak heran tempat itu selalu ramai.

Yulianto, warga sekitar DAS Sanggai, kepada RRI menceritakan bagaimana ramainya kawasan DAS Sanggai ini ketika akhir pekan. “Kalau hari biasa karena pada kerja jadi sepi, kecuali Sabtu dan Minggu banyak orang yang lari lari atau foto foto di sekitar sini” kata Yulianto (Jum’at, 19/4/2024)

Keberadaan DAS Sanggai tidak jauh dari lokasi pembangunan Tower BIN Polri, dekat dengan jalan raya utama. Di sekitar kawasan DAS Sanggai terdapat beberapa bangunan yang dimanfaatkan menjadi hunian dari para pekerja.

Suasana asri yang ditawarkan di sekitar kawasan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Apalagi masih banyak pohon-pohon eucalyptus yang tumbuh di sektar DAS Sanggai ini.

Terdapat satu jembatan permanen yang menghubungkan kedua sisi kawasan DAS Sanggai. Dengan begitu memudahkan bagi para pengunjung jika ingin menyusuri seluruh kawasan DAS.***

Pos terkait