Jon Erizal Harap ASDP Dapat Tingkatkan Layanan Penyeberangan di Wilayah Perbatasan

Jon Erizal Harap ASDP Dapat Tingkatkan Layanan Penyeberangan di Wilayah Perbatasan

Fajarasia.id – Anggota Komisi VI DPR RI Jon Erizal meminta PT ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan) Indonesia Ferry (Persero) untuk memberi perhatian kepada angkutan di pulau-pulau terluar di Indonesia. Ia mengatakan pelayanan angkutan di pulau-pulau terluar di Indonesia saat ini masih sangat kurang.

Masyarakat yang tinggal di daerah-daerah kepulauan dan daerah terluar masih membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tinggi untuk berpindah dari satu daerah ke daerah lainnya. “Saya bulan lalu itu keliling sama PLN ke desa-desa itu, wah itu namanya antri itu harian dari Dumai ke Rupat itu berjam-jam orang numpuk gitu karena fasilitasnya kurang, armada nya juga kurang, kemudian dari sungai Pakning ke Bengkalis itu juga. Ini kan membuat ekonomi biaya tinggi di pulau-pulau itu, di mana keberpihakan kita?” ungkap Jon Erizal.

Demikian mengemuka dalam Rapat Dengar Pendapat dengan jajaran BUMN Transportasi membahas kesiapan BUMN Transportasi dalam menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Untuk itu, ia pun meminta ASDP tidak hanya fokus meningkatkan pelayanan di wilayah Jawa-Bali saja, namun juga wilayah-wilayah lainnya. “Jadi tolong ini diperhatikan betul koordinasi sama bupati setempat atau walikota setempat seperti apa penanganannya gitu. Di subsidi pun menurut saya kalau memang harus ada PMN di situ itu kan berhasil mengurangi nanti biaya tinggi itu gitu, bayangkan kalau mereka sehari hanya nyebrang 30-40 menit harus (seharusnya) bisa, (sekarang) 2 hari pulang pergi kan biayanya jadi tinggi ongkos angkut. Nah ini tolong diperhatikan,” harapnya.*****

Pos terkait