Jokowi: KPU Sesuai Aturan Saja Bisa Dicurigai, Apalagi Coba Melenceng

Jokowi: KPU Sesuai Aturan Saja Bisa Dicurigai, Apalagi Coba Melenceng

Fajarasia.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan penyelenggara pemilu, khususnya KPU, untuk bekerja sesuai aturan terkait Pemilu 2024. Dia mengingatkan KPU dalam bahaya jika bekerja melenceng dari aturan.

“KPU juga betul-betul netral, tidak memihak, tidak memihak, bertindak sesuai aturan saja, ini bertindak sesuai aturan saja, KPU bisa dicurigai, ya kan? Apalagi KPU mencoba untuk melenceng dari aturan,” kata Jokowi saat memberi sambutan di acara konsolidasi nasional KPU se-Indonesia, Sabtu (30/12/2023).

Jokowi meminta agar semua pihak menjaga itu. Karena, kata dia, melenceng dari aturan bisa merusak legitimasi pemilu.

“Ini yang harus, sekali lagi, kita jaga bersama-sama jangan sampai terjadi. Ini bisa berbahaya bagi KPU dan legitimasi pemilu kita,” ucapnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta KPU benar-benar memerhatikan hak pilih setiap warga negara. Dia meminta KPU memastikan semua warga negara terjamin hak pilihnya tanpa diskriminasi.

“Lalu KPU harus memastikan setiap warga negara yang mempunyai hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya secara baik, secara langsung, bebas, rahasia, dan tanpa diskriminasi, layani semuanya mereka ini,” ujar dia.

“Kita juga harus mengajak para pemilih menjadi pemilih yang cerdas, jangan percaya yang nama hoax, apa lagi yang bisa menyulut konflik dan perpecahan, pendidikan politik arus dilakukan secara masif, tidak saja mengedukasi tentang tahapan pemilu, tapi juga mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih-pemilih yang cerdas,” lanjutnya.****

Pos terkait