IS Tersangka Penculikan Malika Dijerat Pasal Berlapis

IS Tersangka Penculikan Malika Dijerat Pasal Berlapis

Fajarasia.id –  Polda Metro Jaya mengatakan, IS (42) sebagai tersangka kasus penculikan terancam penjara 15 tahun, dengan pasal berlapis. IS adalah tersangka penculik bocah berusia enam, bernama Malika di Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

“Barang siapa dengan sengaja menarik seseorang yang belum cukup umur dari kekuasaan, menurut undang-undang ditentukan atas dirinya. Atau dari penguasaan orang berwenang, diancam dengan hukuman 9 tahun penjara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 330 ayat 2 KUHP,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangan tertulis, Rabu (4/1/2023).

IS juga dijerat Pasal 76F juncto Pasal 83 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Zulpan mengatakan, pasal tersebut dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara.

“Setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan penculikan. Penjualan dan/atau perdagangan anak, diancam hukuman pidana paling singkat 5 tahun, paling lama 15 tahun,” kata Zulpan.

Dia mengatakan, Malika dipaksa memulung oleh IS sejak diculik, pada Desember 2022. “Justru itu, dia dipekerjakan selama 28 hari ini oleh pelaku ini, ikut di dalam gerobak. Untuk mencari mata pencaharian,” kata Zulpan di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (3/1/2023).****

Pos terkait