Gubernur Edy Rahmayadi Copot Kadis PUPR Sumut di Hari Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Labura

Gubernur Edy Rahmayadi Copot Kadis PUPR Sumut di Hari Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Labura

Fajarasia.id – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mencopot Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumut, Bambang Pardede. Pencopotan dilakukan di hari yang sama saat Presiden Joko Widodo meninjau jalan rusak di Labuhan Batu Utara (Labura), Sumut, Rabu (17/5/2023).

“(Benar) membebastugaskannya (sejak) 17 Mei 2023,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, Safaruddin, saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan Whatsapp, Jumat (19/5/2023).

Namun, Safaruddin tidak menjelaskan alasan pencopotan Bambang.

Dia juga belum menjawab pertanyaan Redaksi soal apakah pencopotan ini berkaitan dengan kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Labura.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo meninjau jalan rusak di Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labura, Rabu (17/5/2023).

Jokowi menyebut, jalan rusak di Kabupaten Labura mencapai 30 km. Jokowi lalu memproyeksikan perbaikan jalan di kabupaten itu paling lama akan dilakukan pada Juli 2023.

“Ini ada 13 kilometer yang (rusak) menuju ke (Kelurahan) Tanjung Leidong. Ada juga 17 kilometer (jalan) dengan keadaan yang kurang lebih sama seperti ini rusaknya. Ini yang kita perbaiki nanti, akan dimulai perbaikan di lapangannya paling lambat Juli,” ujar Jokowi kepada wartawan.

Kata Jokowi, perbaikan serupa juga akan dilakukan di jalan kabupaten, provinsi, dan nasional yang ada di Sumut.

“Semua yang di Sumatera Utara tetap sama (perbaikannya) kita bagi. Ada yang dikerjakan oleh Pak Gubernur, ada yang dikerjakan Pak Bupati, ada yang diambil alih oleh pusat, yang kira-kira provinsi atau kabupaten atau kota tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan,” ujar Jokowi.

Berdasarkan data yang dimiliki Jokowi, jalan nasional di Sumut memiliki panjang 2.600 km, dengan jumlah yang rusak 260 km, untuk jalan provinsi panjangnya 3.005 km dan yang mengalami kerusakan 340 km.

“Jalan kabupaten ini yang paling banyak yang rusak. Dari 33.000 km di Sumatera Utara, yang rusak kira-kira 13.000 km,” ungkap Jokowi. ****

Pos terkait