Duta Besar RI Marina Estella Anwar Bey : WNI di Peru Aman dan Tidak Terdampak Kerusuhan

Duta Besar RI Marina Estella Anwar Bey : WNI di Peru Aman dan Tidak Terdampak Kerusuhan

Fajarasia.id – Kedutaan Besara RI di Peru memastikan warga negara Indonesia dalam keadaan aman. Tidak terdampak kerusuhan yang terjadi di negara tersebut.

“Umumnya karena sebagian besar WNI di kota Lima itu dalam keadaan aman,” kata Duta Besar RI untuk Peru Marina Estella Anwar Bey, Minggu (18/12/2022).

Marina tetap memgimbau kepada WNI yang ada di Peru untuk menghindari aksi demontrasi. “Kita mengimbau kepada mereka untuk menghindari demonstrasi atau kerumunan dan selalu mengupdate berita-berita dari kedutaan kita,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga mendapat laporan bahwa ada 6 WNI yang tengah berkunjung ke Peru dan tengah di kota Cusco dan Arequipa.

“Ada lima orang di kota Cusco dan satu orang di Arequipa. Kebetulan di kedua kota itu bandara udaranya sedang ditutup dan mereka juga sudah berkomunikasi dengan kita,” ujarnya.

Marina mengatakan, total WNI yang ada di Peru tidak lebih dari 100 orang. “94 orang kra-kira WNI di Peru, hampir semua kebanyakan di kota Lima.” jelasnya.

Menurutnya, WNI umumnya berada di Kedutaan Besar Indonesia di Lima. “Ada sebagian dari WNI yang menikah dengan orang Peru dan juga Misionaris yakni Pastor dan Suster yang bekerja di gereja-gereja Katolik,” jelas Marina.

Ia menegaskan untuk mengamankan WNI sejak kerusuhan, pihaknya intens berkomunikasi dengan WNI di Peru.

“Kita sudah membuat grup WA dengan WNI di Peru maupun di Bolivia karena kedutaan kita merangkap di Bolivia,” ucapnya.

Dilaporkan kerusuhan di Peru dipicu bentrokan antara pendukung Presiden Pedro Castillo yang ditangkap dan digulingkan dengan aparat keamanan.

Presiden Pedro Castillo diketahui digulingkan setelah berusaha membubarkan kongres. Sebelumnya, kongres juga berusaha memakzulkan Pedro atas tuduhan korupsi.****

Pos terkait