Belum Bayarkan THR, Sembilan Perusahaan di Tangerang Diaudit

Belum Bayarkan THR, Sembilan Perusahaan di Tangerang Diaudit

Fajarasia.id – Sebanyak sembilan perusahaan di Kabupaten Tangerang akan diaudit oleh Tim Pengawas Ketenagakerjaan setempat. Pasalnya  hingga saat ini mereka belum juga membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pegawainya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono mengatakan selama periode Hari Raya Idulfitri 2024, pihaknya menerima 11 aduan terkait THR. Dari jumlah itu, dua kasus di antaranya telah terselesaikan oleh masing-masing perusahaan.

Sementara, sambung Rudi, untuk sembilan perusahaan yang masih bermasalah, Disnaker Kabupaten Tangerang akan menindaklanjuti dengan melaporkan ke Tim Pengawas tingkat Provinsi Banten. “Kalau total pada Lebaran 2024 ini ada 11 pengaduan yang masuk, namun ada sembilan perusahaan membandel,” ujarnya, Minggu Sabtu (21/4/2024).

Menurut Rudi, perusahaan yang diadukan tersebut menyalurkan THR kepada karyawannya secara berkala atau dicicil. “Sebagian perusahaan ini belum memberikan THR secara penuh dengan alasan sedang ada masalah dalam sisi produksi dan pemesanan,” kata Rudi.

Menindaklanjuti aduan tersebut, Disnaker Kabupaten Tangerang mengambil langkah dengan melakukan mediasi antara karyawan (selaku pelapor) dengan perusahaan. Selain itu, Tim Pengawas Ketenagakerjaan tingkat Kabupaten Tangerang juga akan melakukan audit guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sebab secara umum, perusahaan-perusahaan yang dilaporkan oleh pekerjanya itu merupakan golongan menengah yang beralasan belum membayar THR, karena ketidakmampuan perusahaan. “Alasannya memang karena ada gangguan dalam orderan, sehingga sisi produksi menimbulkan permasalahan,” ucap Rudi.

Pos terkait