Amerika Pastikan Tidak Kirim Pasukan ke Ukraina

Amerika Pastikan Tidak Kirim Pasukan ke Ukraina

Fajarasia.id – Amerika Serikat tidak akan mengirimkan pasukannya ke Ukraina di tengah konflik negara itu dengan Rusia. Hal tersebut disampaikan oleh Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan.

“Kami telah memperjelas posisi kami. Yaitu kami tidak bermaksud mengirim pasukan AS ke Ukraina,” kata Sullivan seperti dilansir Reuters, yang dikutip Redaksi pada Rabu (20/3/2024).

Menurut dia pendirian AS itu juga telah ditegaskan oleh Presiden Joe Biden. Dalam pidato kenegaraannya awal bulan ini.

Wacana mengenai pengiriman pasukan NATO ke Ukraina mulai mencuat setelah konferensi yang diadakan di Paris pada 26 Februari 2024 lalu. Saat itu Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan para pemimpin Barat telah membahas kemungkinan pengiriman tentara ke Ukraina.

Menurut dia peluang semacam itu tidak dapat dikesampingkan, meski sampai saat ini tidak ada konsensus yang dicapai. Apalagi Negara-negara Barat lainnya seperti Jerman menolak usulan tersebut dan mengatakan NATO tidak berniat mengirim pasukan ke Ukraina.

Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan jika terjadi konfrontasi langsung antara pasukan Moskow dan NATO. Itu berarti Perang Dunia III hanya tinggal selangkah lagi.

“Jelas bagi semua orang, bahwa (pengerahan pasukan NATO ke Ukraina) ini akan menjadi satu langkah lagi dari Perang Dunia Ketiga yang berskala penuh. Saya pikir hampir tidak ada orang yang tertarik dengan hal ini,” kata Putin kepada wartawan di Moskow, pascakemenangannya di Pilpres Rusia 2024, Senin (18/3/2024).***

Pos terkait