Zelenskiy galang dukungan pemimpin Nordic untuk perang lawan Rusia

Zelenskiy galang dukungan pemimpin Nordic untuk perang lawan Rusia

Fajarasia.id – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy tiba di Norwegia untuk kunjungan mendadak menjumpai Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Stoere dan para pemimpin negara Nordik lainnya untuk menggalang dukungan bagi perang melawan Rusia.

Zelenskiy terbang langsung ke Norwegia setelah bertemu dengan Presiden AS Joe Biden dan para legislator AS di Washington, di mana Zelenskiy mengatakan prioritas utamanya adalah memperkuat pertahanan udara Ukraina.

“Hari ini kami berbicara dan akan lanjut berbicara mengenai hal spesifik yang dapat menyelamatkan ribuan nyawa di Ukraina, sekaligus menambah tekanan bagi penyerang,” kata Zelenskiy dalam temu media bersama Stoere di Oslo, sebagaimana dikutip Redaksi, Jumat (15/12).

Rusia menyerang ibu kota Ukraina, Kiev, dengan misil balistik dalam serangan kedua pekan ini. Zelenskiy menyatakan Rusia membidik infrastruktur sipil dalam serangan semalam tersebut.

Stoere mengatakan Norwegia akan menyumbangkan 3 miliar krone (Rp4,26 triliun) untuk Ukraina.

Dana itu adalah bagian dari paket kesepakatan yang disetujui sebelumnya oleh parlemen Norwegia, dari total 75 miliar krone (Rp106,7 triliun) selama lima tahun.

“Norwegia akan terus mendukung perjuangan Ukraina dalam membela diri. Kami menyediakan dukungan tertarget dan berjangka panjang guna membantu Ukraina dalam perjuangannya demi kemerdekaan dan demokrasi,” kata Stoere.

“Upaya Ukraina inijuga penting dalam menjaga kemerdekaan dan keamanan di Norwegia,” sambung dia.

Zelenskiy juga akan menghadiri KTT para pemimpin lima negara Nordik, yakni Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia, yang merupakan sekutu utama Ukraina dalam perang melawan Rusia yang telah berlangsung selama 22 bulan.****

Pos terkait