World Water Forum, Menteri ATR: Manajemen air bersih penting bagi kemakmuran rakyat

World Water Forum, Menteri ATR: Manajemen air bersih penting bagi kemakmuran rakyat
CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 80

Fajarasia.id – Menteri Agraria dan dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan manajemen air bersih penting bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Saya secara pribadi berbagi pandangan bahwa prinsipnya ada tiga hal untuk mendukung tema besar World Water Forum di Bali ini yaitu Water For Shared Prosperity, maka prinsip yang pertama kita harus mengedepankan bahwa manajemen air khususnya manajemen air bersih ini harus ditujukan pada penguatan kesejahteraan dan kemakmuran untuk semua untuk rakyat,” ujar AHY dalam konferensi pers World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Dengan demikian, lanjutnya, jangan sampai air yang merupakan elemen paling fundamental dalam kehidupan tidak menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

“Kedua, bagaimana memiliki fair accessibility, akses yang juga berkeadilan untuk semua. Tidak boleh ada yang sulit sekali untuk mendapatkan air bersih dan juga untuk sanitasi,” kata AHY.

Prinsip terakhir, menurut dia, berkaitan dengan sustainability atau keberlanjutan Berbicara global warming, krisis iklim dan kelangkaan air serta tanah juga tidak pernah habis artinya selalu menjadi isu dan perdebatan termasuk konflik di berbagai belahan dunia.

“Oleh karena itu, melalui World Water Forum ini, kita punya semangat untuk mencari solusi bersama dan mudah-mudahan kita bisa bersatu dan berkolaborasi mengambil langkah-langkah yang konkret dan menjaga air, termasuk tanah dan lingkungan kita yang hanya satu. Artinya, kita berharap masa depan kita juga tetap baik dan semakin baik,” kata AHY.

AHY dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian diundang secara khusus untuk menyampaikan pandangan sekaligus juga pengalaman dalam menjalankan sejumlah atau mengikuti ataupun melakukan beberapa program kebijakan dan strategi terkait dengan manajemen air di Indonesia.

“Ini program bagus karena berbicara bagaimana tata kelola pemerintahan di tingkat pusat, tapi juga langsung di-breakdown di tingkat lokal dan juga regional,” kata AHY.

Local and Regional Government Forum ini menjadi penting, karena juga pada saatnya setelah ditentukan kebijakan di tingkat tertinggi, kemudian untuk diimplementasikan secara baik itu tentunya memerlukan kepemimpinan dan manajemen yang efektif di tingkat lokal dan regional.***

Pos terkait