Viral Mualaf Korea Daud Kim Ingin Bangun Masjid

Viral Mualaf Korea Daud Kim Ingin Bangun Masjid

Fajarasia.id – Penyanyi dan Youtuber Korea Selatan yang menjadi mualaf, Daud Kim viral di media sosial setelah menyampaikan niatnya untuk membangun masjid di Korea Selatan. Setelah mengaku membeli tanah melalui instagramnya pada 11 April 2024 lalu, dia pun menggalang dana yang mengatasnamakan nama pribadinya.

Sayangnya Daud Kim dianggap hanya melakukan donasi untuk konten, sehingga menimbulkan kontroversi dan dikritik oleh salah satu influencer Korea Selatan. Namun, melalui story instagram pribadinya pada Jumat (19/4/2024), Daud Kim telah memberikan klarifikasi.

“Saya akan mengungkapkan posisi saya setelah berkonsultasi dengan pengacara,” kata Daud Kim dikutip dari keterangan yang diunggah melalui stroy instagramnya, @jaehan9192, Sabtu (20/4/2024). Menurut Daud Kim, pihaknya sedang meninjau ilegalitas penerimaan sumbangan melalui akun pribadi.

Jika ada masalah, Daud Kim mengaku akan dengan setia menanggapi penyelidikan tersebut. Dia menjelaskan, pembukaan akun pribadi tersebut mengikuti permintaan dari para pengikutnya.

Ia pun mengklarifikasi bahwa apa yang dilakukannya sama sekali bukan untuk kepentingan pribadi. “Saya tidak sadar bahwa ini bisa menjadi masalah hukum. Oleh karena itu, saya meminta Anda berhenti berdonasi ke akun pribadi saya sampai masalah legalitas terselesaikan,” ucap Daud Kim.

Selanjutnya, Daud Kim juga berencana untuk mengubah donasi dari nomor rekening pribadinya ke rekening perusahaan dan mengoperasikannya secara transparan. Menurut dia, butuh waktu untuk mengatur penggalangan dana yang dia terima sejauh ini, dan juga akan memakan waktu untuk mendirikan perusahaan.

“Jadi kami akan mengatur semuanya dan segera mengungkapkannya secara transparan, harap bersabar. Memang benar saya tidak tahu banyak tentang undang-undang donasi di Korea, tapi semua yang ingin saya lakukan adalah dengan niat baik,” kata Daud Kim.

“Niat saya murni untuk mendirikan rumah Allah, saya tidak pernah mempunyai niat buruk dan tidak pernah menipu siapa pun. Saya harap Anda tidak tertipu oleh berita palsu,” ucap dia.

Lantas Siapa Daud Kim?

Pria bernama asli Kim Jae Han ini lahir pada 9 Januari 1992. Setelah mengumumkan masuk Islam pada 2019 lalu, dia pun mengubah namanya menjadi Daud Kim.

Sekarang dia aktif sebagai seorang youtuber dan vlogger. Banyak videonya yang menampilkan dirinya mendalami agama Islam, seperti video dengan judul “Idul Fitri di Korea” dan “Apakah Musik Haram?”.

Daud Kim mulai terkenal sebagai penyanyi setelah membuat cover lagu-lagu hits di kanal Youtubenya. Namanya semakin tenar di kalangan masyarakat muslim setelah memutuskan menjadi mualaf dan membuat konten tentang keislaman.

Namanya juga cukup dikenal di kalangan nitizen Indonesia setelah mengcover lagu ‘Cukup Tahu’ milik Rizky Febian dalam versi bahasa Korea. Kanal Youtubenya, ia kini telah memiliki 5,53 juta subscriber dan memiliki 3,5 juta pengikut di akun instagramnya. ***

Pos terkait