Usai Tundukkan Filipina 1 – 2, Timnas Indonesia Melenggang ke Semifinal

Usai Tundukkan Filipina 1 - 2, Timnas Indonesia Melenggang ke Semifinal

Fajarasia.id – Timnas Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Hasil ini mereka raih usai menang tipis 2-1 dari Filipina pada laga Grup A di Rizal Memoriam Stadium, Senin (2/1/2023) malam WIB.

Dua gol Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistyawan di menit ke-21 dan Marselino Ferdinan di menit ke-43. Sementara Filipina mampu memperkecil ketertinggalan lewat gol Sebastian Rasmussen di penghujung babak kedua.

Hasil ini membuat Indonesia lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A dengan 10 poin. Skuad Garuda kalah selisih gol dari Thailand yang pada laga lainnya mengalahkan Kamboja 3-1.

Baik Indonesia maupun Filipina bermain terbuka sejak menit awal pertandingan. Kedua tim saling jual beli serangan sepanjang pertandingan.

Indonesia mampu mencetak gol pembuka di menit ke-21. Dendy Sulistyawan mampu membobol gawan Filipina lewat sundulannya memanfaatkan umpan lemparan langsung dari Pratama Arhan.

Indonesia mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Dendy menerima bola sodoran dari Asnawi tapi tembakan kaki kirinya melambung di atas gawang.

Skuad Garuda akhirnya mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-43. Marselino Ferdinan melakukan kerja sama satu dua dengan Saddil dan melepaskan tembakan untuk membobol gawang Filipina.

Tidak ada gol tambahan di babak pertama. Pada akhirnya, Timnas Indonesia mampu menjaga keunggulan atas Filipina 2-0 hingga turun minum.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia yang tengah unggul memanfaatkan keadaan dengan gelombang serangan sejak awal laga. Serangan beruntun dilancarkan dengan cepat oleh tim besutan Shin Tae-yong.

Timnas Filipina yang tampil dalam tekanan hanya mengandalkan skema serangan balik. Hal ini membuat Timnas Indonesia leluasa untuk melancarkan serangan.

Meski terus menyerang, Indonesia justru kebobolan akibat sundulan Sebastian Rasmussen di menit ke-83. Gol ini membuat Timnas Filipina memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai. Pada akhirnya, Timnas Indonesia sukses mengalahkan Filipina dengan skor tipis 2-1 dalam laga terakhir fase grup Piala AFF 2022.

Susunan Pemain:

Filipina (4-4-2): Anthony Abadies; Simen Alexander (Pocholo Bugas 80’), Jefferson Tabinas, Amani Santos, Audie Bantas; Christian Rontini, Oliver Saludares (Sebastian Rasmussen 59’), Hikaru De Asis (Harry James 74’), Mark Andrew Hartmann (Sandro Reyes 59’); Kenshiro Michael (Jesus Melliza 80’), Stephan Schrock.

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata (Syahrul Trisna 22’); Rizky Ridho, Pratama Arhan, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan (Rachmat Irianto 83’), Marc Klok; Witan Sulaeman (Yakob Sayuri 58’), Saddil Ramdani (Egy Maulana Vikri 58’), Ricky Kambuaya; Dendy Sulistyawan (Ilija Spasojevic 84’).****

Pos terkait