Tingkatkan Ekspor, Bapanas Sarankan Sektor Perkebunan Tebu Dibenahi

Tingkatkan Ekspor, Bapanas Sarankan Sektor Perkebunan Tebu Dibenahi

Fajarasia.id – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengajak semua pihak bersama membenahi sektor perkebunan. Utamanya dalam memajukan industri tebu dan mengembalikan kejayaan pabrik gula nasional sebagai eksportir.

“Seperti dulu. Saya yakin suatu saat nanti kita akan bisa setara dengan Brasil atau bahkan melampuinya, ucapnya dalam sambutannya melalaui video yang diputar dalam kegiatan Nasional Sugar Summit 2023 di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Arief menyampaikan produksi gula Indonesia masih kalah daru Brasil. Padahal keduanya, Indonesia maupun Brasil sama-sama negara yang dilalui garis khatulistiwa.

Adapun berdasarkan data dia, produktivitas tebu Brasil mencapai 135 ton per hektar dengan rendeman 13 persen. Sedangkan Indonesia masih di angka 65 ton per hektar dengan rendeman 7,3 persen.

Arief menekankan produktivitas tinggi Brasil itu berangkat dari kepedulian yang matang terhadap sektor hulu hingga hilirnya. Di hulu mereka kata Arief sangat peduli terhadap benih dan varietas yang cocok pada kondisi lahan dan iklim.

Sedangkan di hilir, Brasil lanjut dia membangun pabrik dengan sistem pengolahan yang efisien dan pemanfaatan produk dengan baik. Skema tersebut kata dia didapat langsung saat dirinya berkunjung kesana. ****

Pos terkait