Terdakwa Mengaku Wakil Bupati Flotim Pakai Uang Rp. 20 Juta

Terdakwa Mengaku Wakil Bupati Flotim Pakai Uang Rp. 20 Juta

Fajarasia.id – Paulus Igo Geroda mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Flores Timur (Flotim) mengaku bahwa Wakil Bupati Flores Timur, menggunakan uang senilai Rp. 20 juta.

Uang senilai Rp. 20 juta yang digunakan Wakil Bupati Flores Timur ini, merupakan uang yang dititipkan kepada terdakwa Petronela Letek Toda selaku bendahara pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur.

“Yang mulia, uang senilai Rp. 20. 000. 000, yang saya titipkan ke bendahara BPBD Kabupaten Flores Timur, Petronela Letek Toda digunakan oleh Wakil Bupati Flores Timur,” kata terdakwa Paulus Igo Geroda dalam sidang kasus dugaan korupsi dana Covid – 19 pada BPBD Kabupaten Flores Timur, Rabu 25 Januari 2023.

Selain itu, terdakwa yang juga mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Flotim ini mengakui bahwa dirinya pernah menerima transferan uang senilai Rp. 5 juta, Rp. 6 juta, Rp. 7 juta dan Rp. 12 juta dari saksi Lumem Gubawam.

“Iya benar yang mulia majelis hakim. Saya pernah menerima uang seperti yang disebutkan saksi melalui transferan rekening atas nama saya sendiri,” akui terdakwa Paulus Igo Geroda.

Terkait dengan uang senilai Rp. 20. 000. 000 yang digunakan oleh Wakil Bupati Flores Timur, terdakwa Paulus Igo Geroda tidak menjelaskan secara rinci uang apa yang digunakan oleh Wakil Bupati Flores Timur.

Terkait pernyataan terdakwa Paulus Igo Geroda, tidak dibantah oleh terdakwa Petronela Letek Toda selaku Bendahara pada BPBD Kabupaten Flores Timur.

Sedangkan terdakwa Petronela Letek Toda dalam kesempatan itu, meminta saksi agar berkata jujur dalam memberikan keterangan karena dirinya sudah berada didalam penjara.

“Saya minta dari dalam lubuk hati. Saksi tolong berikan keterangan yang jujur dan benar karena saya sudah dipenjara dan saya juga menyesali perbuatan saya,” kata terdakwa sambil menangis.

Dalam kesempatan itu juga, terdakwa meminta agar jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Kabupaten Flores Timur menuntut dirinya dengan hukuman yang seringan – ringannya.(rey)

Pos terkait