Pentingnya Faktor Manusia Hadirkan Keselamatan Selama Mudik 2024

Pentingnya Faktor Manusia Hadirkan Keselamatan Selama Mudik 2024

Fajarasa.id – Anggota Komisi VI DPR RI M. Husni mengingatkan Perum Damri untuk tidak hanya memperhatikan kesiapan armada dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri 2024 nanti, melainkan juga memperhatikan kesiapan pramudi. Ia menilai, faktor manusia merupakan faktor penting dan dominan dalam memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan.

“Untuk masalah keamanan (dan) kenyamanan dari kegiatan perjalanan mudik dan balik sendiri, ini selalu yang terjadi kecelakaan dan lain sebagainya faktor yang paling dominan adalah faktor manusia, ini faktor manusia. Damri itu yang mengendarai kan supir,” kata Husnipada kamis (5/4/2024).

Untuk itu, Husni meminta Perum Damri untuk dapat melakukan tes kesehatan bagi seluruh pramudi Damri, sebelum melakukan perjalanan. Mengingat potensi padatnya arus mudik, pramudi diharapkan dapat berkendara dalam keadaan prima.

“Saya selalu menemukan setiap ada kecelakaan, begitu diperiksa rupanya mereka adalah umumnya banyak pengguna narkoba. Jadi tolong Ibu (Dirut Perum Damri) ini masih ada waktu, masih ada waktu untuk dilaksanakan perbaikan-perbaikan tersebut,” lanjut Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Selain Husni, Anggota Komisi VI Rieke Diah Pitaloka juga meminta BUMN Logistik dan Transportasi untuk memperhatikan kesehatan pegawai dan memastikan semua yang bekerja saat arus mudik dan arus balik dapat bekerja dalam kondisi yang prima.

“Mohon juga pengaturan shift untuk pegawai itu untuk diatur dengan lebih baik karena mereka juga manusia, ada jam kerjanya yang lebih manusiawi”

“Mohon juga pengaturan shift untuk pegawai itu untuk diatur dengan lebih baik karena mereka juga manusia, ada jam kerjanya yang lebih manusiawi, namun juga mungkin tambah-tambah sedikit vitamin lah begitu ya kalau boleh saya saran. Karena kalau tidak ada mereka yang bekerja di bawah dalam kondisi Fit,” pinta Rieke.

Diketahui, menurut Corporate Secretary Damri Chrystian R. M. Pohan, mengatakan Perum Damri memastikan seluruh operasional berjalan dengan aman dengan mendorong pramudi untuk ikut pemeriksaan kesehatan atau medical check up (mcu) bagi seluruh pramudi yang akan bertugas pada periode arus mudik lebaran. ****

Pos terkait