Pemkab Bekasi percantik taman Jalur Pantura

Pemkab Bekasi percantik taman Jalur Pantura

Farasia.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mempercantik area taman median jalan yang berlokasi di sepanjang jalur pantai utara (Pantura) mulai dari titik perbatasan dengan Kota Bekasi hingga Kabupaten Karawang.

“Upaya mempercantik taman median jalan pada Ruas Jalan Negara di Jalur Pantura sudah dilakukan sejak tahun lalu. Tahun ini kita lakukan lagi melalui pemeliharaan dengan lebih dipercantik,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi Nur Chaidir di Cikarang, Minggu.

Dia mengatakan, kegiatan pemeliharaan taman meliputi pengecatan ulang, penambahan fasilitas hingga ornamen dengan harapan mampu menambah estetika serta meningkatkan keindahan tata kota sehingga membuat nyaman warga yang beraktivitas di lokasi tersebut.

Sedikitnya ada lima taman median di sepanjang jalan Negara tersebut. Dua taman berlokasi di Kecamatan Cikarang Barat, dua di Cikarang Timur, dan satu taman di wilayah Kecamatan Kedungwaringin.

“Dengan terus dirawat dan dipercantik akan memperindah pemandangan sehingga membuat nyaman warga saat berkunjung,” katanya.

Menurut dia, kehadiran taman median di jalur itu menjadi salah satu lokasi favorit warga untuk sekedar beristirahat atau bersantai sejenak usai pulang kerja.

“Termasuk saat musim mudik Lebaran, banyak sekali pemudik memanfaatkan taman itu buat beristirahat,” katanya.

Ia mengaku kehadiran taman menjadi daya tarik tersendiri bagi warga. Selain tempat bersantai, taman-taman ini juga didesain untuk menghadirkan kesejukan dengan tanaman hijau yang turut menambah ruang terbuka publik.

“Bahkan mampu menggerakkan roda perekonomian warga. Seperti Taman Sehati di kompleks Stadion Wibawa Mukti Cikarang. Banyak pedagang kecil membuka lapak, usaha parkir juga jalan, pun demikian dengan usaha ekonomi kreatif. Bukti taman memiliki manfaat secara ekonomis,” ucapnya.

Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum pada Disperkimtan Kabupaten Bekasi Nur Wahyi menjelaskan pemeliharaan dilakukan tahun ini untuk lebih mempercantik taman median jalan.

“Jadi yang sudah usang kita cat ulang, mana-mana yang kurang, akan ditambah tanaman dan ornamen-ornamen agar lebih cantik sehingga semakin menarik minat pengunjung,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat menjaga kebersihan dan fasilitas taman agar bisa terus dinikmati dengan nyaman dalam jangka waktu panjang.

“Mari bersama-sama kita menjaga kebersihan dan kenyamanan taman sebagai salah satu tempat kunjungan warga, generasi muda dan keluarga, termasuk pemudik dibolehkan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan,” kata dia.***

Pos terkait