Pemerintah Buka Pendaftaran CPNS Khusus Ditempatkan di IKN

Pemerintah Buka Pendaftaran CPNS Khusus Ditempatkan di IKN

Fajarasia.id – Pemerintah akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Ia mengatakan pihaknya sudah dapat perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait hal tersebut. “Kita menyiapkan formasi khusus untuk IKN, Presiden telah memerintahkan ada 200 ribu formasi yang disiapkan untuk ke IKN,” kata Azwar di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Azwar menjelaskan, perekrutan CPNS khusus penempatan di IKN ini akan dibicarakan di dalam rapat terbatas (ratas) bersama Presiden beberapa waktu ke depan. Nantinya sebelum mendaftar calon peserta akan diinformasikan bahwa ini untuk penempatan di IKN.

Azwar optimistis bahwa formasi PNS khusus penempatan di IKN bakal disambut positif oleh khalayak. Sebab kerap kali diinformasikan ke publik bakal banyak aparatur sipil negara (ASN) yang dipindahkan ke IKN.

“Banyak yang tanya ke saya katanya banyak yang nggak mau pindah ke IKN. Padahal banyak yang secara formal mereka tidak dipindah ke IKN tapi minta dipindah,” ucap Azwar.

Untuk diketahui, pemerintah berencana akan memindahkan 11.916 ASN prioritas utama ke IKN pada September 2024. Akan tetapi, ini masih mempertimbangkan kesiapan hunian di sana.***

Pos terkait