Komisi III Minta Usut Cepat Penganiayaan Dokter Puskesmas di Lampung Barat

Komisi III Minta Usut Cepat Penganiayaan Dokter Puskesmas di Lampung Barat

Fajarasia.id – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Taufik Basari meminta pemerintah hingga aparat kepolisian mengusut cepat peristiwa penganiayaan terhadap salah seorang dokter bernama Carel Triwiyono di Puskesmas Pajar Bulan Way Tenong, Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Pria yang akrab disapa Tobas itu mendukung adanya penegakan hukum dan pemberian perlindungan terutama pada petugas kesehatan di lapangan.

“Penegakan hukum penting untuk dilakukan selain sebagai wujud hadirnya negara dalam memberikan perlindungan kepada warga negaranya, juga sebagai pesan bahwa kekerasan tidak boleh terjadi atas alasan apapun,” ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman dpr.go.id, Rabu (26/4/2023).

Politisi Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu pun mendukung Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung untuk memberikan pendampingan bagi korban.

Dukungan itu, kata Tobas, termasuk upaya IDI menelusuri latar belakang kejadian tersebut sebagai bahan pelajaran dan perbaikan ke depannya.
“Ada tiga pesan penting kepada masyarakat dari peristiwa ini. Pertama, penegakan hukum terhadap tindak kekerasan. Kedua, pentingnya perlindungan bagi petugas kesehatan yang sedang bertugas terhadap tindak kekerasan, dan ketiga perbaikan pelayanan dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Menurut Tobas, kerja sama antara kepolisian dan organisasi profesi dokter, serta tenaga kesehatan (nakes) diperlukan dalam penanganan masalah tersebut.

“Langkah cepat Kepolisian Resor (Polres) Lampung Barat ini patut diapresiasi. Sebelum video peristiwa tersebut viral, pihak Polres sebenarnya telah bergerak mencari dan memproses para pelaku,” tutur Legislator daerah pemilihan (dapil) Lampung I itu.

Oleh karena itu, Tobas mendukung kinerja kepolisian yang bekerja secara profesional dan mendorong untuk terus berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Untuk diketahui, peristiwa penganiayaan terhadap dokter Carel terjadi saat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah (H), Sabtu (22/4/2023). Pihak Polres Lampung Barat yang mendapatkan laporan langsung bergerak cepat dan melakukan penangkapan dan pemeriksaan terhadap terduga pelaku penganiayaan pada Senin (24/4/2023).***

 

Pos terkait