Kemendagri: Gerakan Menanam Cabai di Daerah Masih Rendah

Kemendagri: Gerakan Menanam Cabai di Daerah Masih Rendah

Fajarasia.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan gerakan menanam untuk kendalikan harga cabai di daerah masih rendah. Pihaknya mencatat hingga kini baru ada sebanyak 258 kabupaten dan kota yang melakukannya.

“Saya berharap upaya-upaya ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Termasuk hal yang tidak terlalu sulit kita selalu berbicara mengenai cabai,” ucap Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri, Tomsi Tohir dalam rekaman suara yang diterima Redaksi, Sabtu (26/5/2024).

Tomsi mengatakan, jumlah daerah tersebut baru separuh dari total kabupaten dan kota yang ada. Adapun berdasarkan data jumlah kabupaten yang ada mencapai 416, sedangkan kota sebanyak 98 daerah.

Ia berharap, para kepala daerah yang belum melaksanakannya benar-benar melakukan pengendalian. Yakni melakukan pengecekan secara berkalan terhadap harga cabai, kemudian melaksanakan gerakan menanam.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah daerah yang mengalami kenaikan harga cabai merah meningkat di pekan ketiga Mei 2024. Tercatat ada sebanyak 247 kabupaten dan kota dari sebelumnya di pekan kedua Mei sebanyak 244 daerah.***

Pos terkait