Jepang dalam Nuansa Lebaran, Momen Berkumpul Sesama Muslim

Jepang dalam Nuansa Lebaran, Momen Berkumpul Sesama Muslim

Fajarasia.id – Perantau Indonesia di Jepang merayakan Idulfitri 1445 H dengan penuh suka cita. Suasana ramai terutama di Ohori Koen Park di Fukuoka yang menjadi tempat pelaksanaan Salat Ied.

Rika Anggayeni salah satu WNI mengatakan, salat diikuti ribuan umat Muslim dari berbagai negara termasuk Indonesia. “Alhamdulillah rame, kita salatnya di Ohori Koen Park,” kata Rika Pada Sabtu (13/4/2024).

Menurut WNI asal Sumatra Barat ini, makna istimewa Idulfitri adalah momen berkumpul dengan sesama Muslim. Baik yang berasal dari Indonesia maupun dari negara lain.

Bagi Rika, momen lebaran di Jepang memberinya kesempatan bertemu dan berkenalan dengan banyak teman baru. Hal ini tidak hanya meningkatkan rasa kebersamaan, tetapi juga membuka peluang untuk memperluas jaringan relasi.

“Bisa berkumpul dengan teman–teman sesama Muslim dari seluruh penjuru Indonesia. Bbisa menambah relasi teman–teman baru,” katanya.

Meskipun berada jauh dari tanah air, Rika tidak ingin kehilangan momen spesial ini. Sebagai perantau Minang, Rika tetap setia dengan tradisi membuat masakan khas dari daerahnya.

Ia menyajikan hidangan rendang dan gulai ayam yang merupakan hidangan khas dari Sumatra Barat. Untuk memastikan kehalalannya, Rika mendapatkan bahan baku dari toko halal food terdekat.

“Kali ini bikin rendang. Baso sama gulai ayam,” ucapnya.

Bagi Rika, Idulfitri bukan tentang merayakan hari kemenangan. Tetapi juga tentang mempertahankan identitas dan tradisi dari tanah kelahirannya.

Meskipun jauh dari rumah, semangat lebaran dan kehangatan persaudaraan Muslim di Jepang membuatnya merasa seperti di rumah sendiri.****

Pos terkait