Jelang Idul Adha, Pemkot Bekasi Bentuk Tim Kurban

Jelang Idul Adha, Pemkot Bekasi Bentuk Tim Kurban

Fajarasia.id – Menjelang pelaksanaan Iduladha Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan segera membentuk Tim Kurban. Tim ini akan bekerja mengecek kesehatan hewan kurban hingga memantau titik penjualan maupun pemotongan hewan kurban.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Bekasi, Herbert Panjaitan mengatakan, tim berisikan gabungan sejumlah instansi. Adapun instansi yang dimaksud diantaranya, DKP3, Asosiasi Dokter Hewan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kecamatan dan instansi lainnya.

Pihaknya menjelaskan, setiap instansi bekerja menyesuaikan bidang kerja atau kewenangan masing-masing. Sedangkan tim sendiri akan dipimpin oleh DKP3 Kota Bekasi.

“Pemkot Bekasi melalui DKP3 akan membentuk Tim Kurban yang berisikan dari berbagai instansi. Tim ini akan bekerja sesuai dengan bidang tugas masing-masing,” kata dia, Jumat (24/5/2024).

Dalam pelaksanaan kurban kali ini, ada beberapa poin yang menjadi perhatian Pemkot Bekasi. Salah satunya penerapan Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3) bagi para penjual hewan kurban.

Menurutnya, penjualan hewan kurban tidak dilarang oleh Pemkot Bekasi. Hanya saja para pedagang harus memperhatikan K3 agar tidak menggangu masyarakat atau lingkungan sekitar.

“Prinsipnya kita tidak melarang pedagang berjualan hewan kurban. Asalkan K3 diperhatikan agar tidak menggangu lingkungan dan akan kami pantau,” kata dia.

Selain itu, Pemkot Bekasi juga bekerja guna memastikan hewan atau daging kurban dalam kondisi aman konsumsi. Oleh karena itu pada saat pelaksanaan kurban akan ada pengecekan sampel daging kurban.

Pengecekan akan dilakukan oleh dokter hewan di bawah naungan Asosiasi Dokter Hewan. Yang mana lembaga tersebut sudah bekerjasama dengan Pemkot Bekasi.

“Nanti pada saat pelaksanaan kurban kita akan mengecek sampel daging kurban. Kita lihat dari sampel jeroannya apakah ini layak dikonsumsi atau tidak,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.***

Pos terkait