Israel Masih Serang Gaza, Hamas Tolak Bebaskan Tawanan

Israel Masih Serang Gaza, Hamas Tolak Bebaskan Tawanan

Fajarasia.id – Gerakan pejuang Palestina, Hamas tidak akan melanjutkan perundingan mengenai pembebasan tawanan Israel. Ini selama pasukan zionis terus melancarkan operasi militernya di Jalur Gaza seperti dilansir Axios, Minggu (26/5/2024).

Sementara itu, Direktur Badan Intelijen AS (CIA) Bill Burns, Direktur Badan Intelijen Rahasia Israel (Mossad) David Barnea, dan Perdana Menteri Qatar Muhammad bin Abdulrahman Al Thani telah bertemu. Ini untuk membahas kemungkinan dimulainya kembali perundingan.

Para pejabat AS dan Israel mengklaim ada beberapa kemajuan dalam pembahasan hal ini di antara para pihak yang bertikai. Menurut para sumber, kemungkinan untuk perundingan akan dibahas oleh pejabat Qatar dan Hamas di Doha akhir pekan ini.

Israel dan Hamas telah merundingkan kesepakatan gencatan senjata yang diusulkan Mesir dan Qatar selama berminggu-minggu. Pada awal Mei, Politico melaporkan bahwa negosiasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Kairo telah ditangguhkan karena operasi militer Israel.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mulai melancarkan invasi terhadap Rafah di pada 7 Mei 2024 lalu. Pasukan zionis juga mengambil alih pos perbatasan Rafah dengan Mesir yang berada di sisi Gaza.

Belakangan media Israel melaporkan bahwa kabinet perang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah menyetujui perluasan operasi darat zionis di Rafah. Pihak berwenang Israel berdalih operasi itu bertujuan untuk melenyapkan sisa batalion Hamas di Jalur Gaza.****

Pos terkait