Inilah 17 titik lokasi parkir saat Jakarta International Marathon 2024

Inilah 17 titik lokasi parkir saat Jakarta International Marathon 2024

Fajarasia.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 17 titik lokasi parkir di sekitar Monas dan Gelora Bung Karno (GBK) saat Jakarta International Marathon 2024 pada Minggu (23/6).

“Kantong parkir di sekitar Monas sebanyak 12 titik lokasi parkir dengan akses menuju lokasi start (monas silang barat laut), sedangkan di sekitar Gelora Bung Karno sebanyak lima titik lokasi parkir,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Adapun 12 kantong parkir di sekitar Monas, antara lain di area parkir kantor Indosat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kantor Radio Republik Indonesia (RRI), Kantor Walikota Jakarta Pusat, Kopi Nako, Aroem, Bank BTN, Jalan Juanda Sisi Utara, Jalan Agus Salim (Sabang), Stasiun Gambir, Masjid Istiqlal dan Dinas Teknis Abdul Muis.

Sedangkan lima kantong parkir di sekitar GBK yakni area parkir timur Senayan, parkir tenggara, Stadion Aquatic, Lapangan ABC dan Masjid Al-Bina.

Bagi para peserta dan masyarakat juga disediakan bus antar-jemput dengan rute Monas titik pemberhentian yakni Stasiun MRT Bundaran HI, Indosat, seberang Monas Silang Barat Laut, seberang Kopi Nako dan Dinas Teknis Abdul Muis.

Sedangkan bus antar jemput dengan rute GBK titik pemberhentian yakni Plaza Barat GBK, pintu masuk Masjid Al-bina, Halte Parkir Selatan GBK (Drop Off Menuju Stasiun Istora Mandiri), Halte Parkir Akuatik GBK, Halte Parkir Lapangan ABC dan Halte Parkir Timur Selatan.

Selain itu, panitia Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 juga memastikan ketersediaan transportasi umum.

Selain itu, bus antar jemput tersebut disediakan untuk mengantar 15.000 peserta JAKIM 2024 ke kawasan Monas yang menjadi titik start ajang maraton kelas dunia tersebut.

Bagi penumpang TransJakarta, Syafrin menyebut sebanyak sekitar 57 rute akan disesuaikan karena bersinggungan dengan rute JAKIM 2024.

Rute itu antara lain, rute 6M (Stasiun Manggarai-Blok M), rute 6V (Ragunan-GBK), rute 1H (Tanah Abang-Stasiun Gondangdia), rute 3F (Kalideres-GBK) dan rute lainnya.

Adapun JAKIM 2024 ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta, sekaligus meningkatkan peran kota Jakarta sebagai kota pariwisata olahraga (sports tourism).

JAKIM 2024 akan dipusatkan di sekitar area silang barat laut Monas dan finis (titik akhir) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Ajang ini melombakan tiga kategori, yakni Marathon (42,195 kilometer), Half Marathon (21,0975 kilometer), dan 10 kilometer. Kategori Maraton akan dimulai pukul 04.00 WIB, dilanjutkan oleh Half Marathon pada pukul 05.15 WIB dan 10 kilometer pada 06.15 WIB.***

 

Pos terkait