Indonesia Menang Atas Australia Dengan Skor 1-0

Indonesia Menang Atas Australia Dengan Skor 1-0

Fajarasia.id – Indonesia meraih kemenangan pertamanya di Piala Asia U-23 2023. Garuda Muda membungkam Australia 1-0 lewat gol Komang Teguh.
Indonesia menghadapi Australia di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024) pada laga kedua Piala Asia U-23 2024. Pasukan Shin Tae-yong tampil agresif di babak pertama dan mendesak Australia.

Handball dari Komang Teguh sempat membuat Indonesia terancam dari titik penalti, tapi Ernando menggagalkan eksekusi Mohamed Toure. Indonesia berhasil mencetak gol pada menit ke-45 lewat sundulan Komang Teguh, membelokkan tendangan Nathan Tjoe-A-On.

Australia lantas menaikkan intensitas permainan di babak kedua, tapi tak mampu menembus pertahanan Indonesia. Dengan hasil ini Indonesia sementara naik ke posisi dua Grup A dengan tiga poin dan Australia di posisi terbawah.

Qatar masih memimpin berbekal selisih gol atas Indonesia, sementara Yordania di urutan ketiga. Qatar vs Yordania baru akan bermain selepas laga Indonesia vs Australia.

Peluang untuk Indonesia pada menit kedua! Witan menusuk di kanan dan melepas umpan tarik yang disambar Jeam Kelly Sroyer, tapi bola masih membentur dan cuma menghasilkan korner.

Australia balas mengancam tak lama berselang dari serangan cepat. Sepakan Mohamed Toure melenceng ke kanan gawang.

Indonesia menusuk dari kiri lewat Rafael Struick pada menit ke-16. Sepakan kerasnya masih menyamping ke kiri gawang.

Indonesia dihukum penalti pada menit ke-23, setelah VAR memeriksa handball Komang Teguh. Mohamed Toure mengarahkan bola ke pojok kanan dan sukses dibaca oleh Ernando Ari!

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Indonesia nyaris kebobolan. Sundulan Toure memantul mistar gawang, lalu sepakan Nishan Velupillay dihalau Ernando.

Marselino dalam posisi bebas saat umpan tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On mengarah kepadanya. Tapi ia gagal menyambar dengan sempurna.

Komang Teguh merangsek ke depan dan melepaskan percobaan dari sisi kiri pada menit ke-35. Bola sepakannya masih melebar ke kanan gawang.

GOL! Indonesia memimpin 1-0 pada menit ke-45. Berawal dari sepak pojok, bola jatuh ke kaki Nathan Tjoe dan disepak. Komang Teguh berdiri bebas di jalur bola dan membelokkannya ke dalam gawang.

Australia memulai babak kedua dengan menaikkan intensitas. Ancaman pertama diarahkan ke Indonesia pada menit ke-53, saat Toure menyambar umpan tarik Velupillay dan dihalau Ernando.

Peluang untuk Australia pada menit ke-65. Toure membawa bola di kanan dan mengirim umpan ke Jake Hollman yang berlari bebas. Namun Hollman tak mampu menyambar bola dengan sempurna.

Australia kembali mengancam pada menit ke-75. Toure menyambar bola liar di depan kotak penalti, hanya melesat ke atas gawang.

Ernando melakukan penyelamatan pada menit ke-88. Usai menghalau umpan silang, ia memblok tendangan keras Lachlan Brook.

Kans Indonesia pada menit ke-95! Umpan tarik Nathan Tjoe diterima Marselino, akan tetapi sepakannya diblok bek Australia. Tak ada lagi gol hingga laga usai, Indonesia menang!

Susunan pemain:

Indonesia: Ernando, Ferrari, Komang Teguh (Ikhsan Nul Zikrak 83′), Rizky Ridho, Pratama Arhan, Nathan Tjoe, Marselino, Witan, Jeam K Sroyer (Hubner 72′), Fajar Fathurrahman (Ilham Rio 77′), Struick

Australia: Patrick Beach, Popovic, Courtney-Perkins, Italiano, Mauragis, Teague, Jelacic (Valadon 60′), Hollman (Garang Kuol 75′), Segecic (Brook 60′), Velupillay (Milanovic 75′), Toure (Alou Kuol 75′).***

Pos terkait